POLISI MILITER ANGKATAN LAUT LANAL MAUMERE MELAKSANAKAN PEMUSNAHAN BB MIRAS JENIS ARAK FLORES

Lanal Maumere – Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Lanal Maumere melaksanakan  Pemusnahan Barang Bukti  (BB) Miras hasil Operasi Gaktib di Halaman Kantor Pomal Lanal Maumere Pemusnahan BB miras jenis Arak Flores atau moke ini sebanyak 315 Liter yang terdiri dari 9 jerigen yang rencananya akan dikirim ke Batam menggunakan Kapal Pelni KM Umsini di Pelabuhan Lourens Say Maumere. (Kamis, 13 Juni 2019).

Dalam keterangan Persnya, Dandenpomal Lanal Maumere Mayor Laut (PM) Edi Wibowo, Spd. Mengatakan “penangkapan ini berawal dari sebuah mobil jenis pick up yang dikendarai oleh Sdr. Thomas pada Minggu 9 Juni 2019  bermaksud mengirim barang tersebut menggunakan kapal Pelni KM. Umsini ke Batam, Miras tersebut dimuat dalam jerigen kemudian dibungkus karung dan dilapisi dos minuman sari buah untuk mengelabui petugas dan aparat.

Pomal Lanal Maumere yang saat itu melakukan Operasi Gaktib Penyakit Masyarakat di area pelabuhan Lourens Say Maumere mencurigai isi bungkusan tersebut dan dilakukan penggeledahan” tegasnya. Minuman keras jenis arak atau yang dikenal masyarakat luas dengan sebutan Moke ini adalah sebuah kebijakan kearifan lokal, diharapkan minuman keras tersebut, tidak diedarkan secara bebas dan luas apalagi sampai keluar dari Flores mengingat dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh dan dikategorikan jenis minuman kadar beralkohol tinggi,lanjut Mayor Laut(PM) Edi Wibowo.

Acara pemusnahan BB miras tersebut dipimpin langsung oleh Dandenpomal Lanal Maumere, turut hadir dan disaksikan oleh Danunit Intel Lanal Maumere Kapten Laut (T) Agus Safruddin, kepala KP3 pelabuhan Lourens Say Aiptu Maoritsius Herson Liman, Kepala kantor Pelni Cab Maumere Bpk Samto, Kasubsi Intel Bea Cukai Maumere I wayan Dedi Kresna Subawa.

 

(Dispen Lantamal VII)