66 PESERTA IKUTI KEGIATAN PENINGKATAN KEMAMPUAN TERITORIAL TNI DI KOARMADA II

Koarmada II. Surabaya, 12 Juni 2019

Asisten Potensi Maritim (AspotmarKoarmada II Kolonel Laut (P) Eka Prabawa mewakili Panglima Komando Armada Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., membuka acara kegiatan peningkatan Puanter Apkowil dan Apnonkowil TNI tersebar di Koarmada II tahun 2019, acara tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Puslat Kaprang Kolat Koarmada II. Rabu (12/06/2019).

Dalam amanat Pangkoarmada II yang di bacakan Aspotmar Koarmada II menyampaikan pembinaan teritorial TNI dalam rangka membangun kemanunggalan TNI dengan rakyat dan pemberdayaan wilayah pertahanan secara dini untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang Tangguh telah dilaksanakan oleh TNI melalui berbagai macam kegiatan baik secara perorangan, kelompok maupun satuan.Tingkat keberhasilan atas pembinaan yang dilaksanakan tergantung dari kemampuan Teritorial aparat komando wilayah dan aparat non komando wilayah.

Lebih lanjut menyampaikan, karena tuntutan kebutuhan organisasi, tahun lalu telah di sahkan organisasi Potmar di bawah TNI AL dan Potdirga di bawah TNI AU, dimana organisasi tersebut merupakan unsur pelaksanan yang sangat penting bagi satuannya guna melaksanakan pembinaan Teritorial sesuai dengan tugas dan tanggung jawab di kesatuannya.

“ Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, melalui kegiatan peningkatan kemampuan Teritorial dengan pendampingan teritorial TNI AD ini di harapkan para peserta akan mampu menyerap pengetahuan-pengetahuan dasar Teritorial sebagai dasar pelaksanaan tugas pokoknya dan tentu saja akan sangat mendukung dalam mempertajam pelaksanaan tugas pokok satuan Teritorialnya “. Pungkasnya.

Acara tersebut di gelar dari tanggal 12-14 juni 2019 di Auditorium Puslatkaprang Koarmada II, dengan jumlah 66 peserta terdiri dari TNI AD 15 orang, TNI AL 26 orang dan TNI AU 25 orang yang berpangkat Pama dan Bintara.

Tujuan dari acara tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan Teritorial Apkowil TNI melalui kegiatan peningkatan kemampuan territorial (Katpuanter) tersebar agar dapat melaksanakan pembinaan territorial dengan optimal.

Adapun teori yang diberikan meliputi Bakti TNI, Komsos TNI, Tahwil TNI, Lima Kemampuan Teritorial, Dawilhanla/potensi maritim (Potmar), Dawilhanud/potensi Dirgantara (Potdirga), Enterprenuer Maritim dan Rengar/ waktu kegiatan.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Aster Kasdam V Brawijaya, Danlanud Muljono, para Kasatker Mako Koarmada II, Aspotmar Danlantamal V dan Kadispotmar Lantamal V.

Dinas Penerangan Koarmada II