DANGUSPURLA KOARMADA II KUNKER KE LANAL DAN SATGAS DI PERBATASAN


TARAKAN : Senin (03/06/19) Wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia merupakan wilayah yang rawan kegiatan ilegal. Guna mencegah dan menimimalisir kegiatan kegiatan ilegal baik dari Indonesia ke Malaysia maupun sebaliknya diperlukan kesigapan aparat yang berada di wilayah perbatasan seperti Posal, Lanal dan Satgas sebagai unsur terdepan dalam pencegahan.
Guna memberikan motivasi dan semangat bagi para prajurit terutama pada hari sebelum dan sesudah Idul Fitri, Danguspurla Koarmada II melakukan kunjungan kerja dan silahturahmi kepada para prajurit yang ada di Lanal, Posal dan Satgas yang ada di perbatasan.

Pada pukul 08.15 Wita, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin Selamat Aldedharma, SE., MM., M. Sc beserta rombongan dengan menggunakan Sea Reader Satgas Paska Busur Ambalat 19 dan Patkamla Ludress bertolak dari dermaga PLBL Liem Hie Djung Nunukan menuju ke Sebatik dalam rangka Kunker ke Posal Jajaran Lanal Nunukan dan Satgas Marinir Ambalat XXIV di Pulau Sebatik.

Rombongan Danguspurla Koarmada II terdiri dari Danguspurla Koarmada II, Asops Danguspurla II Kolonel Laut (P) Endra, Aslog Danguspurla II Letkol Laut (T) Sulastono dan Mayor Laut (P) Dwi Prasetyo dengan didampingi Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) M. Machri Mokoagow M. Tr. Hanla, Pasops Lanal Nuk Kapten Laut (P) Abd Khalik DG. Mappalewa dan Pasintel Lanal Nunukan Kapten Laut (P) Rizki Andri Syahbana, S. S.T. Han.


Setelah melalui perjalanan laut dengan mengunakan Sea Reader dan Patkamla, Danguspurla Koarmada II beserta rombongan tiba di pelabuhan Tradisional Bambangan dan disambut oleh Danki Satgas Marinir Ambalat XXIV Kapten Mar Rollen, Danposal Sei Pancang Lettu Laut (S) Adi Suseno dan Danposal Sei Nyamuk Letda Laut (S) Juharisman.
Selanjutnya Danguspurla Koarmada II dan rombongan secara berlanjut meninjau Patok 3 Aji Kuning, Posal Sei Pancang, Pos Marinir Sei Pancang sekaligus meninjau Radar posal Sei Pancang dan meninjau Makotis Satgas Mar Ambalat XXIV.

Dalam arahannya kepada seluruh personel yang bertugas diperbatasan Danguspurla Koarmada II menyampaikan:
Agar para prajurit yang bertugas di perbatasan RI – Malaysia untuk selalu ikhlas, bertanggung jawab atas tugasnya, selalu menjaga kesehatan dengan berolah raga yang rutin, serta menekankan kepada Prajurit untuk tidak terlena, selalu waspada terhadap segala macam ancaman di wilayah perbatasan laut Ambalat serta meningkatkan kewaspadaan pasca pemilu Pilpres dan Pileg.


Dapat memberikan tauladan yang baik dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar, dan apabila ada kendala atau keluhan agar melaporkan secara berjenjang, sehingga apa yang menjadi kendala bisa teratasi.

Selanjutnya Danguspurla Koarmada II selaku Dansatgaslagab Busur Ambalat menyerahkan tali asih berupa bingkisan lebaran dari Panglima TNI sebagai bentuk perhatian dari pimpinan TNI.

Dispen Lantamal XIII Koarmada II.