Lanal Denpasar Ikut Serta Dalam Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Bersama Unsur Muspida Bali

Lanal Denpasar Ikut Serta Dalam Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Bersama Unsur Muspida Bali

Lantamal V (1/6), — 

Lapangan Niti Mandala Renon yang terletak di depan kantor Gubernur Provinsi Bali, Jl. Basuki Rahmat, Kota Denpasar merupakan kawasan strategis yang sering digunakan untuk penyelenggaraan acara resmi kegiatan upacara peringatan hari-hari besar nasional Pemerintah Indonesia. Tidak terlepas dari kegiatan tersebut tempat ini sering juga digunakan oleh masyarakat sebagai lokasi daerah wisata yang memiliki keasrian tersendiri. Masyarakat Bali memanfaatkan lapangan Niti Mandala Renon untuk berbagai macam event seperti pameran, olahraga, edukasi lingkungan, konser musik .

Belum lama ini (1/6) Pemprov Bali bersama dengan Unsur TNI/Polri dan instansi terkait lainnya telah menyelenggarakan upacara peringatan Hari kelahiran Pancasila tahun 2019 yang dipimpin oleh Gubernur Bali, Bpk. Ir. I Wayan Koster. Seluruh unsur Muspida Provinsi dan instansi terkait lainnya termasuk Lanal Denpasar menghadiri upacara tersebut.

Dibawah kendali Komandan Lanal Denpasar, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko keberadaan prajurit Lanal Denpasar ditengah lapangan Niti Mandala Renon dengan ciri khas seragam warna putihnya telah membuat suasana upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 menjadi semakin tertib dan khidmat.

Seluruh prajurit Lanal Denpasar mulai dari strata Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS mengikuti jalannya upacara di lapangan Renon dengan penuh semangat dan bersinergi dengan pasukan upacara lainnya.

Dalam amanatnya,  Gubernur Bali menyampaikan bahwa melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia dan kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Pada upacara tersebut,  para pejabat TNI/Polri dan Aparatur Daerah Provinsi Bali yang hadir antara lain : Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Arta.  A. S., Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Wayan Sunarta, Danrem 163/WSA, Kolonel Arh A.M. Suhariyadi, Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kolonel PNB Wibowo Cahyono Soekadi, para pejabat teras dilingkungan Kodam IX/UDY, Polda Bali dan Pemprov Bali serta para tokoh adat, masyarakat, pemuda dan tokoh agama. 

Sedangkan peserta upacara terdiri dari : satu pleton Korsik Prov. Bali, Ton Gabungan Pama TNI/Polri, Ton Gabungan Wan TNI/Polri, Ton Denpom IX/UDY, Ton Yonif Rider 900, Ton TNI AL Lanal Denpasar, Ton TNI AU Lanud I Gusti Ngurah Rai, Ton Brimob Polda Bali, Ton ASN Prov Bali dan Ton SMU Kota Denpasar.

Disamping mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Lanal Denpasar juga mengirimkan pasukannya pada peringatan upacara bersama dengan unsur maritim lainnya di lapangan apel Kantor KSOP Kelas II Benoa Bali. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dalam membangun sinergitas dan soliditas antar instansi maritim yang dilakukan Lanal Denpasar dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya.