DANKAL KELAMBAU I-13-49 LANAL KOTABARU RESMI BERGANTI


TARAKAN-Kemarin Rabu 29/5/2019 bertempat di Dermaga Pelindo III Kab. Kotabaru Prov. Kalimantan Selatan, Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, S.T. melantik Kapten Laut (P) Firmaanul Firdaus, S.S.T.Han. sebagai Komandan KAL Kelambau I-13-49. Pelantikan tersebut dilakukan saat upacara serah terima jabatan Komandan KAL Kelambau yang sebelumnya dijabat oleh Kapten Laut (P) Dwi Sulistyo Kapten Laut (P) Firmaanul Firdaus, S.S.T.Han.

Kapten Laut (P) Dwi Sulistyo akan segera bergabung dengan Satuan Amfibi Koarmada II, sebagai Kadiv Nagi KRI Makasar-590. Sedangkan penggantinya Kapten Laut (P) Firmaanul Firdaus sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Kom KRI Karel Satsuitubun – 356 Satkor Koarmada II.

Dalam sambutannya, Danlanal Kotabaru menyampaikan “wilayah kerja Lanal Kotabaru dengan luas perairan 94.185 km menuntut kehadiran KAL di laut setiap saat guna penegakan hukum dilaut.” Oleh sebab itu, Komandan KAL, dituntut harus dapat membina personel dan material kapal agar dapat selalu dalam kondisi siap untuk memberikan kontribusi bagi keamanan di wilayah perairan Kotabaru.

Hal tersebut memberikan gambaran, bahwa pada setiap operasi harus didukung dengan kondisi personel yang profesional dan material yang siap, sehingga Komandan dituntut harus mampu mempersiapkan secara cermat baik personel maupun material melalui pembinaan secara utuh dan menyeluruh. Dengan demikian, sebagai tolak ukur keberhasilan seorang Komandan bukan saja ditinjau dari aspek operasional, namun sekaligus dari hasil pembinaan interaksi personel dan material yang dilaksanakan.

Pada acara sertijab kemarin duhadiri juga oleh Pjs. Palaksa Lanal Kotabaru, Perwira Staf Lanal Kotabaru, Prajurit Lanal Kotabaru, dan Prajurit KAL Kelambau 1-13-49. Selama kegiatan sertijab berjalan dengan aman dan lancar.
Dispen Lantamal XIII Koarmada II.