LANTAMAL XIII KOARMADA II MEMPERINGATI NUZULUL QUR’AN DAN BUKA PUASA BERSAMA FORKOPIMDA PROVINSI KALTARA

TARAKAN – Jumat (24/05/19) Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim, karena pada bulan Ramadhan Al Qur’an kitab suci umat muslim diturunkan. Guna memperingati turunnya Al Qur’an Lantamal XIII Tarakan Koarmada II menggelar acara Nuzulul Qur’an dan buka puasa bersama Forkopimda Provinsi Kalimantan Utara beserta seluruh personel Lantamal XIII dan keluarga kemaren Kamis (23/19).

Pada pukul 17.25 Wita bertempat di Gedung Balai Prajurit Gita Jalatama Jl. Jendral Sudirman Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara Komandan Lantamal XIII Koarmada II Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si, M.A. memimpin acara peringatan nuzulul Qur’an yang bertemakan “Dengan puasa Ramadhan, Nuzulul Quran dan Idul Fitri 1440 H/2019 kita tingkatkaniman dan Taqwa Prajurit dan PNS TNI dalam Rangka Mendukung tugas Pokok TNI”.

Bertindak selaku penceramah pada acara tersbut adalah Al Ustadz Zaenal Abidin Muhja Lc, MA.. Turut hadir pada acara tersebut Wagub Provinsi Kaltara, Danguskamla Koarmada II, Wadan Lantamal XIII, Kepala BNNP diwakili Kabid pemberantasan, Kabinda Kaltara, Walikota Tarakan, Bupati Nunukan, Bupati Tanah Tidung, Danlanud Anb, Dandim 0907, Danyon Raider 613 /Rja, Dansat Brimob diwakili Wadansat Brimob, Para Asisten Danlantamal XIII beserta istri, Dansatrol Lantamal XIII beserta istri, Para Kasatker Lantamal XIII, Danyonmarhanlan XIII, Dansatrad 225 Tarakan, Seluruh anggota dan PNS Mako Lantamal XIII beserta keluarga dan Ibu Jalasenastri Korcab XIII DJA II dan Yayasan As-Sakinah Selumit Pantai (Panti Asuhan Tahfidz Yatim Dhuafa Ar-Rohimin dengan jumlah 18 Putri & 12 Putra).

Adapun susunan acara dalam pelaksanaan kegiatan tersebut diawali dengan Pembukaan, Marawis (dibawakan oleh Jalasenastri Korcab XIII DJA II), Pembacaan Ayat Suci AI- Quran, Sambutan Danlantamal XIII, Penyerahan Tali Kasih, Pemberian cindera mata Danlantamal XIII kepada pejabat lama yang telah selesai bertugas di Lantamal XIII Koarmada II yaitu Kolonel Laut (T) Imam Nurhadi, ST., MT., Letkol Laut (P) Didik Siswinardi, S.E.,M.Tr. Hanla. dan Letkol Laut (T) M. Joni Nurdiansyah, MTr. Hanla., Tauziah agama oleh Ustadz Zaenal Abidin Muhja Lc, MA., Doa berbuka puasa, Sholat magrib berjamaah, Ramah tamah dan Penutup.

Dalam Sambutannya Danlantamal XIII menyampaikan bahwa, Allah menurunkan pedoman dan petunjuk berupa kitab suci Al Qur’an, maka yang terkandung pada peristiwa Nuzulul Quran dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai pribadi, sebagai masyarakat, ataupun sebagai prajurit dan pegawai negeri sipil TNI yang di pundak kita semua terpikul tuntutan pelaksanaan tugas yang semakin berat sesuai dengan dinamika dan kemajuan zaman.

Al Ustadz Zaenal Abidin Muhja Lc, MA. Dalam tausiahnya menyampaikan 3 hal diantaranya. Pertama, Bagi orang yang berpuasa ada 2 (Dua) kegembiraan yaitu kegembiraan pada saat buka puasa dan gembira ketika berjumpa dengan Tuhannya karna membawa pahala puasa. Kedua, Perbanyaklah ibadah di bulan suci Ramadhan dan Ketiga, Amal sholeh yang di pertanyakan di akhirat nanti adalah sholat 5 waktu.

Dispen Lantamal XIII Koarmada II.