LANTAMAL VIII PERINGATI NUZULUL QURAN 1440 H/2019 M

Koarmada II. Manado, Rabu (22/05/2019). Komandan Lantamal VIII Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud didampingi Ketua Korcab VIII DJA II Ny. Eunike Gig Sipasulta menghadiri acara peringatan Nuzulul Quran 1440 H/2019 M dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Lantamal VIII yang bertempat di Masjid Amirul Bahri Lantamal VIII.

Adapun tema yang diangkat yaitu, “Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri Tahun 1440 H/2019 M, Kita Tingkatkan Iman Dan Takwa Prajurit Dan PNS TNI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Dalam sambutan Komandan Lantamal VIII yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VIII menyampaikan bahwa, Al-Qur’an diturunkan untuk diajarkan kepada seluruh umat manusia di dunia. Al-Qur’an adalah sebuah pegangan hidup bagi umat manusia, juga merupakan petunjuk atau tuntunan hak bagi segenap umat manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia ini agar dapat memperoleh kesejahteraan, kedamaian dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Di dalam Al-Qur’an di muat konsep hidup manusia di segala bidang, didalamnya juga termuat jawaban dari segala permasalahan yang dihadapi oleh manusia di dunia.

Al-Qur’an juga menjelaskan tentang persamaan derajat manusia dihadapan Tuhan, serta tentang hubungan-hubungan yang sangat penting dalam kehidupan ini, antara lain hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan alam lingkungannya dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Semoga dengan peringatan malam Nuzulul Quran ini betul-betul mampu menggugah kesadaran kita sekalian tentang arti pentingnya Al-Qur’an dalam kehidupan ini, dan semoga kita sekalian mampu mengambil inti petunjuk yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Sembari menunggu waktu buka puasa Ustad Dr. Ahmadi Rajafi, M.Hi., tausiahnya mengenai Nuzulul Quran. Nuzulul Quran adalah turunnya Al-Qur’an pertama kali pada 17 Ramadan ke Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an diturunkan melalui Malaikat Jibril, dengan wahyu pertama surat Al-Alaq ayat 1-5. Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut. Nabi Muhammad saat itu sendiri dan langsung ketakutan, serta menggigil. Kemudian Nabi pulang dan menceritakan pengalaman yang dialaminya kepada istrinya. Sejak peristiwa itu nabi mendapat gelar Rasul yakni nabi yang mendapatkan wahyu untuk disebarkan kepada umat manusia. Al-Qur’an tidak diturunkan kepada Nabi Muhammad sekaligus satu kitab. Namun secara bertahap menurut tuntutan peristiwa yang melatarinya. Lama waktunya adalah 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. Al-Qur’an selesai diturunkan menjelang kewafatan Nabi pada 9 Dzulhijjah tahun 10 H yang bertepatan dengan tanggal 27 Oktober 632 M, dengan turunnya ayat yang terakhir yaitu surah Al-Maidah ayat 3.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian Tali Asih kepada Anak-anak Panti Asuhan Al Ikhwan Kombos dan Putra-Putri anggota Lantamal VIII yang diberikan langsung oleh Komandan Lantamal VIII beserta ibu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlantamal VIII Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud, Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Edi Juardi, para Asisten Danlantamal VIII, Kadis/Kasatker Lantamal VIII, perwakilan dari Bakamla Zona Maritim Tengah, seluruh Militer dan PNS Lantamal VIII, Ketua Korcab VIII DJA II Ny. Eunike Gig Sipasulta beserta pengurus, Ustad Dr. Ahmadi Rajafi, M.Hi., Anak-anak Panti Asuhan Al Ikhwan Kombos, serta tamu dan undangan.

Demikian berita Dinas Penerangan Lantamal VIII.