Danlanal Denpasar Hadiri Apel Siaga Dan Pembukaan Posko Kesiapan Penanganan Angkutan Lebaran Lebaran 2019

Danlanal Denpasar Hadiri Apel Siaga Dan Pembukaan Posko Kesiapan Penanganan Angkutan Lebaran Lebaran 2019

Lantamal V (21/5), —

Gelar Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H) dan Pembukaan Posko Penanganan Angkutan Lebaran Tahun 2019 dengan Pimpinan Apel Kepala KSOP Benoa Agustinus Maun, S.T., M.T., yang diikuti oleh peserta apel dari TNI AL, Kepolisian Kawasan Laut dan unsur Maritim wilayah Pelabuhan Benoa BaliĀ  di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa Bali, Selasa (21/5).

Hadir sebagai undangan dalam kegiatan tersebut Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Kapospol Wilayah Laut Benoa, Kapospolairud Polda Bali, Kakansar Denpasar, Kepala Kesehatan Pelabuhan Benoa, Ka Imigrasi Benoa, Ka Bea Cukai Benoa, Ka Karantina, Kapelindo III Benoa dan Jakarta Loyd.

Apel Kesiapan dan pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H) dijajaran Kementrian Perhubungan ini secara serentak dilaksanakan oleh seluruh UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dibacakan oleh Ka KSOP Benoa, mengatakan Apel kesiapan dan pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H) ini bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar petugas, instansi terkait, penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut Lebaran sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang perayaan Idul Fitri pasti akan terjadi perpindahan penumpang dalam jumlah besar dan waktu yang bersamaan. Kondisi ini tentunya harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan yang andal, termasuk pada moda angkutan laut. Kemenhub juga membuka mudik gratis bagi para pemotor.

“Tahun ini memang ada suatu hal yang menarik bahwa mudik gratis yang akan kita buat di sini bertambah relatif 2 kali lipat. Yaitu kurang lebih 22 ribu orang. Selain orang, berikut juga dengan motor-motornya,” ujarnya.

Hal yang perlu kita ketahui, lanjut Budi, saat ini ada suatu preferensi bahwa masyarakat makin banyak menggunakan kapal laut.

Diakhir sambutannya Menteri Perhubungan berpesan agar semua jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut harus bertekad dengan semangat/iklas dan displin yang tinggi untuk bersama-sama mewujudkan Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 yang aman, selamat dan nyaman, demikian pungkasnya.