HARI KE-3 LATOPSFIB, PANGKOARMADA II SAKSIKAN LANGSUNG PENDARATAN PASUKAN MENUJU DAERAH SASARAN

 

Koarmada II. Surabaya, 18 Mei 2019

Jelang matahari terbit di ufuk timur perairan Banongan, 1.200 prajurit Koarmada II dengan mengendarai beragam jenis tank amfibi melakukan pendaratan menuju daerah sasaran.

Pendaratan dilakukan usai Pangkogasgabfib membacakan taklimat, sebagai perintah untuk melaksanakan pendaratan pasukan.

Dan pendaratan pasukan menuju daerah sasaran ini disaksikan langsung oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S. Sos, M. Si, selaku Dirlat Latihan Operasi Amfibi (Latopsfib Koarmada II) di Banongan, Situbondo pada Sabtu (18/5/2019).

Dalam menyaksikan kegiatan tersebut Pangkoarmada II didampingi oleh Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin Aldedharma selaku Wadirlat. Mereka menyaksikan dan juga mengawasi jalannya proses pendaratan dari atas anjungan KRI Makassar-590, sebagai salah satu unsur pendukung utama Latopsfib 2019 tersebut.

Sebagaimana diberitakan bahwa Koarmada II pada medio Mei 2019, tepatnya dari tanggal 16 hingga 20 Mei 2019 menggelar Latihan Operasi Amfibi atau Latopsfib.

Latopsfib ini sendiri menurut Pangkoarmada II digelar sebagai upaya meningkatkan kemampuan profesionalisme personel, organisasi, dan alutsista dalam operasi amfibi agar siap menghadapi dan melaksanakan tugas pokok. Disamping juga untuk menguji profesionalisme prajurit TNI AL dalam melaksanakan Operasi Amfibi.


“ Saya menyambut baik dan sangat apresiatif terhadap kegiatan ini, karena itu, saya harap para peserta latihan dapat mengikutinya dengan baik sehingga apa yang disampaikan dalam latihan ini dapat menunjang pelaksanaan tugas dan profesionalisme prajurit, serta hasilnya dapat diaplikasikan dalam tugas operasi sesungguhnya”, terang Laksda TNI Mintoro Yulianto, S. Sos., M.Si sesaat setelah memimpin Apel Gelar Kelengkapan Pasukan Latopsfib
Orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini juga menambahkan, dengan adanya latihan ini diharapkan para peserta dapat memahami prosedur Operasi Amfibi, dimulai dengan melaksanakan perencanaan, penggunaan peralatan, serta tindakan dalam satu Operasi Amfibi, dan terwujudnya interoperability alutsista TNI AL di jajaran Koarmada II.

Dinas Penerangan Koarmada II