Komandan Lanal Denpasar Hadiri Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI

Komandan Lanal Denpasar Hadiri Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI

Lantamal V (17/5), —

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal)  Denpasar , Lantamal V, Koarmada II, Kolonel laut (P) Henricus Prihantoko dengan didampingi Pasintel Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Herwanto, S.E. dan Dandenpomal Lanal Denpasar Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan Hayuningrat, S.H. menghadiri Apel gelar kesiapan pasukan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo Beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Rombongan ke Provinsi Bali di Lapangan Lagoon Nusa Dua Kel.Benoa Kec.Kuta Selatan Kab.Badung, Jum’at (17/5).

Adapun selaku Pimpinan Apel Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri dan Komandan Apel Danyon Raider 900 Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo serta dihadiri oleh Wakapolda Bali, Kabinda Prov. Bali, Danrem 163/ Wsa, Aster Kasdam IX/Udy, Aslog Kasdam IX/Udy, Kakesdam IX/Udy, Danlanud Ngurah Rai, Danlanal Denpasar, Waasintel Kasdam IX/Udy, Dandenpom IX/3 Dps, Koroops Polda Bali, Irwasda Polda Bali, Dirlantas Polda Bali, Dirintelkam Polda Bali, Kapolresta Denpasar, Dansat Brimobda Bali, Para Kabalakdam IX/Udy, Para Dandim Korem 163/Wsa serta Para Dansat Dam IX/Udy.

Kunjungan kerja Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo Beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Rombongan ke Provinsi Bali kali ini dalam rangka Meninjau Program Dana Desa, Peninjauan dan Lauching Desa Digital serta Meninjau Pasar Badung. Dalam kegiatan pengamanan VVIP, Lanal Denpasar tergabung dalam Sub Satgas Pengamanan Pelabuhan dan Laut yang nantinya mengerahkan pasukan serta unsur KAL untuk mengamankan wilayah pelabuhan, pesisir pantai dan laut sepanjang Bandara Ngurah Rai serta Entri dan Exit Toll Bali Mandara.

Dalam Amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana menyampaikan “Apel Gelar Pasukan seperti ini sangat perlu dilakukan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan Satgas Pengamanan VVIP ini disiapkan baik secara perorangan maupun satuan, serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing unsur Satgas yang ada serta langkah dan tindakan yang diambil dalam mengatasi persoalan harus sesuai dengan Protap Pengamanan VVIP yang berlaku, selain itu juga untuk memastikan sinergitas dan kerjasama antar unsur pengamanan yang terlibat”. Tegasnya

“Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama-sama Polda, Pemerintah Daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal. Untuk itu kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando harus dipahami dan dijadikan pedoman, sehingga kerja kita menjadi efektif dan efisien guna mencapai tujuan dan sasaran pengamanan yang optimal. Sehingga kegiatan kunjungan kerja Presiden RI beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan rombongan dapat berjalan aman, tertib dan lancar”. Tambah Kasdam IX/Udy.