DANLANTAMAL XIII HADIRI RAPAT TIM KOORDINASI PENATAAN RUANG DAERAH PROVINSI KALTARA


TARAKAN – Kamis, (09/05/19) Dari pelabuhan umum Malundung Kota Tarakan Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Judijanto, M.Si., M.A. berangkat menuju Kota Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara menggunakan Kapal TNI AL (KAL) Sekatak 1.13.10 pada pukul 08.05 Wita guna mengikuti rapat dari Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Sekda Provinsi Kalimantan Utara yang membahas tentang Evaluasi Raperda RTRW Kabupaten Bulungan untuk Mendapatkan Rekomendasi Gubernur Kaltara.


Pada pukul 09.30 s.d 11.15 Wita bertempat di ruang rapat kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Jl. Kol. Soetadji No.1, Tanjung Selor Hilir, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara Danlantamal XIII mengikuti rapat TKPRD yang didampingi oleh Aspotmar Danlantamal XIII. Turut hadir dalam rapat tersebut Wagub Provinsi Kaltara, Sekda Provinsi Kaltara, Asisten 1 Provinsi Kaltara, Kepala Bapeda Kabupaten, Dinas PU Provinsi Kaltara dan Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Provinsi Kaltara dan Kabupaten.

Dalam acara sambutan Danlantamal XIII menyampaikan beberapa hal diantaranya :
1. Terkait dengan rencana pembangunan Posal Tanah Kuning, karena di wilayah itu adalah kawasan yang sangat strategis dan merupakan obyek vital pertahanan keamanan maka sangat penting sekali untuk dikoordinasikan dengan kita sebagai TNI AL (Lantamal XIII) untuk area atau wilayah pembangunannya dan kami Lantamal XIII akan sangat senang hati untuk membantu membuat RTRW ini.
2. Terkait dengan kawasan budidaya perikanan dan kelautan di wilayah pesisir, mungkin ada beberapa hal yang belum terselesaikan oleh Provinsi Kaltara mungkin yang saya sampaikan ini dijadikan acuan untuk penyusunan RTRW, sebagai contoh terkait dengan pengelolaan budidaya rumput laut di wilayah pesisir Kaltara mohon agar ditentukan atau dipetakan zonasi budidayanya dan perijinannya sehingga tidak menggangu alur lalu lintas pelayaran dan mengaggu keberlanjutan wilayah pesisir. Dengan demikian kami selaku aparat dilaut bisa menindak apabila ada masyarakat yang melanggar.
3. Danlantamal XIII menyarankan agar Pemprov Kaltara mengambil data satelit dari Lapan, peta peruntukan lahan. Peruntukan peta lahan ini akan menjadi acuan untuk kita menentukan RTRW Provinsi Kaltara.
4. Danlantamal XIII juga memberikan saran untuk tata ruang kawasan pengolahan limbah B3 agar di sediakan dan memenuhi aturan yang ada.

Dispen Lantamal XIII.