Sholat Tarawih Hari Pertama Bulan Ramadhan Tahun 2019 Jamaah Banjiri Masjid Sabilul Hidayah Pangkalan TNI AL Denpasar

Sholat Tarawih Hari Pertama Bulan Ramadhan Tahun 2019  Jamaah Banjiri Masjid Sabilul Hidayah Pangkalan TNI AL Denpasar 

Lantamal V (6/5), —   

Hari pertama pelaksanaan Sholat Tarawih bulan Suci Ramadhan, Masjid Sabilul Hidayah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Denpasar dibanjiri ribuan jamaah sholat tarawih dari masyarakat kota Denpasar Selatan dan sekitarnya. Hal ini ditandai dengan tidak tertampungnya jamaah untuk melaksanakan sholat tarawih di Masjid Sabilul Hidayah sehingga sampai dengan di luar halaman masjid, yang biasanya hanya dapat menampung setidaknya 600 jamaah.

Hal tersebut sudah diantisipasi oleh segenap pengurus masjid Sabilul Hidayah yang diketuai oleh Kapten Laut (P) Indra Gunawan dengan membagi tempat untuk para jamaah putri dan putra. Dengan membeludaknya antusiasme warga masyarakat Denpasar untuk bisa melaksanakan  sholat tarawih di masjid Sabilul Hidayah Lanal Denpasar ini, bahwa Lanal Denpasar mampu membuktikan dan dapat memfasilitasi keinginan umat beragama untuk bisa melaksanakan ibadahnya dengan tenang, nyaman dan aman, dan ini menandakan bahwa tingkat toleransi antar umat beragama yang berada Lanal Denpasar dan di Bali pada umumnya dapat terpelihara dengan baik.

Dari pantauan seksi keamanan dan parkir tidak kurang dari 20 unit kendaraan roda empat dan 1.040 unit kendaraan roda dua terparkir di Lapangan Mako Lanal Denpasar dan setidaknya 1600 jamaah memadati ruangan masjid dan halaman sekitar masjid serta Mako Lanal Denpasar. Dari seksi keamanan Lanal Denpasar bekerja sama dengan Kepolisian Sektor Denpasar Selatan, keamanan/pecalang desa adat Suwung Batan Kendal Denpasar Selatan untuk membantu pelaksanaan dan kelancaran sholat tarawih di masjid Sabilul Hidayah Pangkalan TNI AL Denpasar.

Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan bulan Suci Ramadhan 2019 telah memberikan arahan kepada seluruh panitia Ramadhan bahwa panitia harus bekerja keras mengantisipasi dan mengamankan tempat-tempat yang dimana akan dipakai untuk pelaksanaan sholat tarawih pada bulan Suci Ramadhan tersebut.

TNI AL yang dalam hal ini Lanal Denpasar harus bisa menciptakan suasana tenang, nyaman dan aman bagi umat muslim yang akan melaksanakan ibadah di bulan Suci Ramadhan ini, sehingga diharapkan Lanal Denpasar dapat menjadikan moment seperti ini sebagai wahana untuk eksistensi TNI AL di masyarakat dan sebagai pionir dalam pembinaan mental spiritual untuk warga masyarakat di sekitar Lanal Denpasar, jadikan Lanal Denpasar ini tempat berteduh semua umat beragama, dan jadikanlah Lanal Denpasar sebagai contoh kehidupan dari aktualisasi nilai Pancasila.