Komandan Lanal Depasar Dampingi Dankodiklatal Melepas Peserta Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019

Komandan Lanal Depasar Dampingi Dankodiklatal Melepas Peserta Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019

Lantamal V (27/4), —

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal ) Depasar , Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko mendampingi Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto melepas keberangkatan para peserta Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019 yang selesai mengadakan kegiatan di Bali yang menggunakan KRI Teluk Banten – 516 dan KRI Teluk Ende – 517 dari dermaga Pariwisata Pelabuhan Benoa Bali, Sabtu (27/4)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, Dirdok Kodiklatal  Laksma TNI Budi Purwanto, Dirdiklat Kodiklatal Laksma TNI Deni Septiana, Laksma TNI Budi Kalimantoro, Dirjianbang Kodiklatal Laksma TNI I Wayan Suarjaya, Dirum Kodiklatal Laksma Taat Siswo, Dankodikopsla Laksma TNI Irwan Achmadi, Palaksa Lanal Denpasar, Pasintel Lanal Denpasar, Dandenpomal Lanal Denpasar serta seluruh Perwira Staf Lanal Denpasar dan Prajurit Lanal Denpasar.

Dalam Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019 tersebut diikuti oleh 1.296 siswa Kodiklatal dengan rincian siswa Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) sebanyak 191 orang, siswa Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) 500 orang dan siswa Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) sebanyak 605 orang.

Dalam pelaksanaan Lattek Layar yang dimulai tanggal 23 April hingga 28 April 2019 ini melibatkan dua Unsur KRl Kormada ll yaitu KRI Teluk Banten 516 dan KRI Teluk Ende-517.

Adapun kedua KRI ini merupakan Jenis Kapal Amfibi yang berada dibawah Satuan Kapal Amfubi (Satflb) Koarmada II. Sedangkan Route yang akan dilalui antara lain Surabaya-Banongan-Benoa-Surabaya.

Tujuan dari pelaksanaan Lattek Wira Jala Yudha ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa tentang tugas-tugas dikapal antara lain dinas jaga Iaut pada saat kapal berlayar. jaga anjungan, jaga komunikasi, jaga masak, jaga mesin, jaga pantri dan jaga pengawas atau caraka.

Selain itu Lattek ini bertujuan untuk pengenalan berbagai peran di kapal diantaranya peran operatif, peran administratif dan peran darurat Iainnya. Tujuan Iainnya adalah memberikan pengetahuan tentang peraturan Dinas Dalam (PDD) KRL meliputi penaikan dan penurunan bendera, apel pagi, apel siang, apel divisi jaga. parade anjungan ronda malam dan ronda rakit.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan Lattek ini diawali dengan Lattek Pendaratan Siswa Kodikmar di pantai Banongan dilaniutkan Lattek Layar ke Benoa Bali, Sesampai di Bali dilaniutkan pelepasan Tukik, bersih-bersih pantai, donor darah di Mako Lanal Denpasar, promosi ke Sekolah-sekolah di wilayah Denpasar, Kunjungan ke Pangdam IX/Udayana, Gubernur Bali, olah raga bersama dan malam prajurit.