TINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONELNYA, DISKES KOARMADA II GELAR LATFUNGKES TENTANG PENANGGULANGAN KEDARURATAN MEDIS

Koarmada II. Surabaya, 22 April 2019

Dalam rangka meningkatkan dan menjaga kemampuan bagi personelnya, Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada II menggelar Latihan Fungsi Kesehatan Perorangan Tentang Penanggulangan Kedaruratan Medis Pada Korban Bencana TA 2019, yang diikuti 15  personel , bertempat di Lounge Room Diskes Koarmada II,  Senin, (22/04/2019).

Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K)  dr. I Ketut Tirka Nandaka,  Sp. KJ (K) , M. M.  selaku Papelat menyampaikan bahwa pelaksanaan Latfungkes ini bertujuan untuk menjaga kemampuan, dan menambah ilmu pengetahuan ,serta keterampilan tentang prosedur penanganan kedaruratan medis pada korban bencana alam bagi personel Diskes Koarmada II.

Sehingga menurut Tirka,  sapaan akrab Kadiskes Koarmada II ini,  dalam melaksanakan pertolongan terhadap korban bencana,  personel Diskes mampu sigap guna menhindari kondisi yang parah bahkan kematian.

Lebih lanjut Tirka menambahkan jika Latfungkes Penanganan Kedaruratan Medis ini penting dilaksanakan sebab Diskes Koarmada II sebagai unsur pelaksana dan pembantu Pangkoarmada II dibidang Kesehatan,  yang mempunyai tugas diantaranya menyelenggarakan dukungan kesehatan pada setiap kegiatan rutin, maupun operasi dan latihan bagi personel dan unsur-unsur Satuan Tugas Komando Armada II

 

Menurut rencana latihan akan dilaksanakan selama 5 hari kedepan, dengan menggunakan metode latihan berupa Ceramah, Diskusi dan Praktek.

Sementara untuk materi awal para peserta dibawah bimbingan Lettu Laut (K/W) dr. Meta Marina,  mempelajari tentang Bantuan Hidup Dasar pada orang tenggelam, dan pada orang yang mengalami perdarahan.

Dinas Penerangan Koarmada II