Danlanal Semarang Hadiri FGD Tentang Poros Maritim Dunia

Danlanal Semarang Hadiri FGD Tentang Poros Maritim Dunia

Lantamal V (10/4), —

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo menghadiri  Focus Group Discussion (FGD) di Ruang rapat Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Rabu (10/4).

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar Focus Grup Discussion (FGD) yang membahas tentang Pengembangan Pertahanan Kekuatan Negara Dalam Konteks Poros Maritim Dunia Guna Kepentingan Nasional.

Dalam kegiatan Diskusi Terarah tersebut dipimpin oleh Ketua Tim Pengkajian adalah Laksamana Muda TNI Riyadi Syahardani yang tugas kesehariannya sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhanas RI.

Lagu Indonesia  yang dinyanyikan oleh seluruh peserta diskusi mengawali pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sambutan selamat datang Oleh Kadis ESDM Prov Jateng Bapak Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si yang pada kesempatan tersebut mewakili Gubernur Jateng.

Sambutan Ketua Tim Pengkajian Lemhanas RI dan sekaligus membuka acara FGD tersebut. Usai memberikan sambutannya Ketua Tim Pengkajian berkenan memberikan cinderamata kepada provinsi Jateng yang diterima oleh Kadis ESDM Provinsi Jateng.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Marsma TNI Agus Radar dilanjutkan dengan paparan oleh 3 orang nara sumber berturut-turut oleh Kadis ESDM Provinsi Jateng, Paparan oleh Rektor Undip Prof, Dr. Yos Johar Utama, SH, M.Hum., serta materi oleh Direktur Polimarin Ibu Dr. Sri Tuti Rahayu, M.si.

Pembahas antara lain Marsma TNI Ainul Yaqin (Kakanwil Kemhan Jateng), GM Pelindo III Tj.Emas, Ketua Ikatan Alumni Lemhanas Jateng, serta dari beberapa akademisi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Laksda TNI  Riyadi, Mayjen TNI (purn) Abdul Chasib (Taprof Bid strategi dan Padnas), Marsma TNI Agus Radar S (Dirjian Hankam dan Geografi  Debidjianstrat Lemhanas RI), Kolonel Lek Iwan Setiawan (Kasubdit bid Hankam Debidjianstrat RI Lemhanas RI), Prof Furqon Hidayat ullah (Ikatan Alumni Lemhanas ProV Jateng), Dr Ir Diah Wijayanti (Ketua Departemen Ilmu Kelautan  Undip), Perwakilan Kumham Jateng.

Dalam sambutannya Ketua Tim Pengkajian mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jateng yang dalam hal ini diwakili oleh Kadis ESDM Provinsi Jateng, yang telah memfasilitasi kegiatan ini yang mana kegiatan tersebut dapat menggelar Diskusi Kelompok Terarah dengan baik. 

Lebih lanjut Ketua Tim menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar di Provinsi Jateng dalam rangka mengkaji ketahanan Jawa Tengah dalam Pengembangan Pertahanan Kekuatan Negara Dalam Konteks Poros Maritim Dunia dikaitkan dengan Pembangunan tol laut.

Tim lemhanas juga berharap dari paparan yang disajikan oleh beberapa narasumber akan menjadikan suatu bahan Materi dalam pengkajian yang akan dilaksanakan oleh Lemhanas RI.

Danlanal Semarang mendampingi Rombongan Lemhanas RI berkunjung ke salah satu alutsista Lanal Semarang yaitu KAL Pulau Menjangan yang berada di Dermaga Keamanan Laut Lanal Semarang Kompleks Pelabuhan Tanjung Emas Semarang