Lanal Yogyakarta Laksanakan Urikkes Rutin Tahun 2019

Lanal Yogyakarta Laksanakan Urikkes Rutin Tahun 2019

Lantamal V (8/4), —

Personel Pangkalan TNI angkatan Laut (Lanal) yogyakarta, Lantamal V, Koarnada ll melaksabakan Uji Pemeriksaan  Kesehatan (Urikkes) di Balai Kesehatan Mako Lanal Yogyakarta Jl.Bintaran Kidul no.14 Wirogunan, Mergangsan Kota Yogyakarta.

Urikkes ini merupakan hak dan sekaligus kewajiban bagi seluruh  prajurit TNI AL termasuk personel Lanl Yogyakarta, yang akan dilaksakan mulai hari ini Senin 08/4 sd 10/4 April 2019 mendatang.

Urikkesini dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan disik luar dan   dalam setiap personil, sehingga wajib melaksanakan pemeriksaan yang di adakan rutin setiap tahunnya oleh Dinkes Lantamal V Surabaya.

Pelaksanaan urikes rutin di BK Lanal Yogyakarta ini diperuntukan bagi para Perwira Pertama (PAMA), Bintara, Tamtama dan PNS, sedangkan untuk Perwira Menengah (PAMEN)) melaksanakan urikkes di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr.Ramelan Surabaya.

Urikkes dilaksanakan dengan 3 gelombang peserta urikkes dan 3 hari pelaksanaan dengan peserta berjumlah 117 personil.

Komandan Lanal Yogyakarta, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel marinir Bambang Adriantoro mengatakan, Urikkes dilaksanakan oleh tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya dengan koordinator urikkes dan BPJS  oleh Letkol Laut (KH/W) Hidiyati Utami ,dan sebagai Ketua tim Urikkes Mayor Laut (K) Guno Wardoyo S.Kep. beserta 10 personil dan bekerja sama dengan Balai Kesehatan Mako Lanal Yogyakarta.

Menurut Danlanal, urikes dilaksanakan sebagai deteksi dini bila di temukan gangguan dan kelainan kesehatan secara adninistrasi sebagai data record medis personil untuk penugasan maupun sebagai syarat kenaikan pangkat prajurit maupun PNS di lingkungan Lanal Yogyakarta.

“Untuk prajurit dan PNS jangan ragu dan takut melaksanakan urikkes, justru dengan urikkes rutin secara dini kita dapat mengerti dan melihat kondisi kesehatan kita saat ini,” ujarnya.

Adapun tahapan dalam urikkes meliputi test darah, test urin, test pengukuran tensi badan, pemeriksaan Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT), pemeriksaan Gigi,pemeriksaan Mata, pemeriksaan Jantung (EKG) dan Rongent.

Danlanal berharap,  kesehatan personelnya tetap terjaga kondisinya dan terdeteksi kesehatannya guna menunjang kegiatan tugas sehari harinya.