Danlanal Denpasar Beri Pengarahan Para Danposal, Danposmat Serta Danpatkamla

Danlanal Denpasar Beri Pengarahan Para Danposal, Danposmat Serta Danpatkamla

Lantamal V (8/4), —

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar, Lantamal V, Koarmada II,  Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko memberi pengarahan kepada para Danposal, Danpatkamla, serta Danposmat di Mako Lanal Denpasar, Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Senin (8/4).

Menurut Komandan Lanal Denpasar menyampaikan bahwa,  tujuan dilaksanakan pengarahan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran, tugas dan fungsi serta meningkatkan kemampuan Posal/Posmat sebagai pengindera dini dan pengumpul data Intelijen maritim, sehingga kedepannya Posal/Posmat diharapkan dapat memberikan informasi dengan lebih cepat dan tepat lagi.

Selain  melaksanakan kegiatan Patroli Keamanan Laut Terbatas, Patkamla, Posal dan Posmat merupakan implementasikan dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut.

“Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi maupun strategis,” terangnya.

Selain melaksanakan tugas tersebut, Danlanal meminta jajarannya untuk meningkatkan fungsi Patkamla, Posal dan Posmat untuk antisipasi kerawanan adanya tindak kejahatan seperti penyelundupan narkoba lewat laut, perdagangan manusia (human Trafficking), penyelundupan Satwa Liar, dan tindak kejahatan lainnya dengan tidak melupakan keselamatan dalam berlayar dan berpatroli di laut.

Diakhir arahannya Danlanal meminta kepada personel Danposal maupun Dan Posmat untuk tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan  selalu mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku dan apabila ada sesuatu yang menonjol harap segera dilaporkan kekomando atas untuk bisa ditindak lanjuti.

Menjelang pemilu ini, sebagai anggota Posal wajib menjaga wilayahnya agar tetap aman dan kondusif dan tetap bersinergi dengan instansi jajaran samping serta tetap menjaga netralitas.

Hadir pada acara pengarahan tersebut, tersebut, Pjs. Pasops, Pasintel, Paspotmar, Danunit Intel dan Kasiops, para Danposal dan Danposmat serta para Danpatkamla di jajaran Lanal Denpasar.