DANGUSPURLA KOARMADA II HADIRI PEMBUKAAN LATIHAN OPSHANTAI 2019 DI JOPR KODIKLATAL

Koarmada II. Surabaya, 08 April 2019

Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., mewakili Panglima Koarmada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si., menghadiri upacara pembukaan Latihan Operasi Pertahanan Pantai Tahun 2019, bertempat di Gedung Joint Operasional Plan Ruler (JOPR) Kodiklatal. Senin (08/4/2019).

Tercatat 220 orang peserta terlibat dalam latihan yang dilaksanakan selama satu minggu ini.

Dalam amanatnya Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal),  Laksda TNI Dedy Yulianto mengatakan bahwa Latihan Opshantai ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AL dibidang Operasi Pertahanan Pantai (Opshantai). Serta untuk menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi keamanan laut.

Lebih lanjut Dankodiklatal menyampaikan jika Latihan Opshantai ini cukup penting, oleh karena TNI memiliki tujuh Operasi Gabungan, dimana empat diantaranya merupakan domain TNI AL, yaitu Operasi Laut Gabungan ( Opslagab ),Operasi Amfibi ( Opsfib ), Operasi Pendaratan Administrasi, dan Operasi Pertahanan Pantai (Ops Hantai).

“ Saya menekankan, kepada para peserta agar mengikuti latihan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan program yang telah direncanakan. Timbulkan inovasi baru agar tercipta suasana latihan yang harmonis dan tidak monoton serta manfaatkan fasilitas teknologi dan sarana prasarana secara maksimal, guna meningkatkan kemampuan TNI AL kedepan, karena profesionalisme prajurit tidak akan pernah tercapai tanpa adanya latihan yang rutin dan terukur ”, pungkas laksamana dengan dua bintang di pundak ini.

Ikut hadir dalam acara tersebut antara lain Wadan Kodiklatal, Dankodikopsla, Wagub AAL, Danpuspenerbal, Karumkital RSAL Dr. Ramelan, Kadispsial, Wadanlantamal V, Dan STTAL dan Danpasmar 2.

Dinas Penerangan Koarmada II.