KASKOARMADA II HADIRI SAFARI BINKORPS PERWIRA KORPS PELAUT WILAYAH SURABAYA

Koarmada II. Surabaya,  2 April 2019

Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Ahmadi Heru Purwono mewakili Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto,  S. Sos, M. Si hadir dalam kegiatan Safari Pembinaan Korps Pelaut bagi para perwira korps Pelaut , yang berdinas di kotama TNI AL wilayah Surabaya,  bertempat di Graha Samudra Bumimoro,  Kodiklatal, Surabaya pada Selasa (2/4/2019).

Lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut mengawali kegiatan safari binkorps tersebut,yang dihadiri Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E, M.M. sebagai Chief Corps Pelaut, selaku pembicara utama yang memberikan pembekalan kepada seluruh hadirin.

Selain itu ikut hadir Asisten Pengamanan Kasal Laksda TNI S. Irawan,  S.E, M.M,  yang memberikan pembekalan tentang Pengamanan.

Di awal pembekalannya kepada para perwira Korps Pelaut, Laksda TNI Didik Setiyono,  S. E., M. M.  mengingatkan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang perwira Korps Pelaut yakni Memahami tentang Hukum Laut Internasional (HLI), UNCLOS 1982, dan ROE. Kemudian mampu menjaga profesionalisme dan memelihara integritas moral.

Lebih lanjut Chief Corps  Pelaut tersebut juga menegaskan mengenai pentingnya profesionalisme dalam pengawakan Alutsista. Hal ini penting bagi semua Komandan kapal yang harus bertanggung jawab atas profesionalisme prajuritnya,agar mampu terhindar dari kecelakaan Alutsista TNI AL.

Selain itu mantan Pangkoarmada II ini juga mengingatkan tentang prediksi ancaman yang dihadapi kedepan antara lain Pelanggaran Wilayah,  Penyelundupan Narkoba,  Ilegal Logging dan Fishing, Imigran Gelap, serta Perompakan dan Kontijensi (Pemilu 2019, Bencana Alam,  dan Gerakan Separatis).

Didik-sapaan akrab Asops Kasal ini,  juga mengungkapkan tentang pentingnya sinergitas Operasi-Intelijen melalui operasi keamanan laut, yang menghasilkan prestasi berupa penangkapan kapal-kapal yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba.

Diakhir pembekalannya,  Didik memberikan beberapa hal sebagai penekanan kepada para perwira korps berlambang Mata Angin tersebut.  Yakni Isi Diri dengan Meningkatkan ilmu profesi dan ilpengtek lainnya. Kemudian Tingkatkan sinergitas operasi dan intelijen kunci keberhasilan operasi. Selanjutnya wujudkan Zero Accident dengan terapkan budaya keselamatan. Dan terakhir Jaga Moralitas dengan menjaga integritas moral.

Usai pembekalan dari Chief Corps Pelaut, acara berlanjut dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis dua buku yang juga menandai launching buku tersebut,yakni CUES ( Code For Unplanned Encounters At Sea),  dan WPNS (Disaster Response Guide).

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P)  Djawara H.T.Whimbo A.