Danlanal Semarang Hadiri Penyerahan Bantuan KKP dan Kementan kepada Nelayan dan Petani Demak

Danlanal Semarang Hadiri Penyerahan Bantuan KKP dan Kementan kepada Nelayan dan Petani Demak

Lantamal V (30/3).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Lantamal V, Koarmada ll, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo bersama Forkopimda Kabupaten Demak menghadiri pemberian bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada nelayan dan petani Kabupaten Demak kemarin.

Penyerahan bantuan yang juga disaksikan para anggota Komisi XI DPR RI dan anggota BPK  yang sedang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Demak ini diserahkan di Pantai Wisata Morosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Jateng.

Tampak  hadiri sedikitnya 1.000 orang nelayan dan petani  Sayung diacara tersebut. Mereka turut menyanyikan lagu Indonesia Raya diacara pembukaan. Tari tarian khas Demak turut menyemarakan kegiatan penyerahan bantuan tersebut

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota IV BPK Prof.Dr.H Rizal Jalil MM, Anggota Komisi IX DPR RI Drs H.Fathan, Dirjen Perikanan Tangkap Bp. M. Zulfikar Mochtar, ST, M.Sc beserta rombongan.

Kemudian Staf Ahli Kemen Pertanian RI Prof.Dr.Ir.Dedy Nirsyamsi M.Agr, Asisten Bid Ekonomi dan Pembangunan Sekda Prov Jateng, Danlanal Semarang, Wakil Bupati Demak beserta Forkopimda Kabupaten Demak, tamu undangan, tokoh agama, tokoh masyarakat wilayah Kabupaten Demak dan para nelayan dan petani Demak.

Dalam pelaksanaannya, selain acara penyerahan bantuan, juga digelar beberapa event diantaranya Expo dan Generasi Pendanaan Usaha Nelayan yang digelar oleh Lembaga Keuangan, Verifikasi usaha bagi keluarga nelayan, Kampanye gerakan makan ikan dan Klinik Mutu ikan, Sosialisasi kegiatan Prioritas, Workshop dan Ecobrick.

Selain itu juga dilaksanakan penebaran bibit ikan laut (restocking) yang ditabur di perairan pantai Wisata Morosari Kabupaten Demak.

“Semoga dengan adanya kegiatan dan bantuan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya  generasi muda tentang pentingnya menjaga dan mengembangkan potensi dan budaya maritim sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan dan petani tambak di Demak,” terang Danlanal.

Lanal Semarang lanjutnya, sangat mendukung kegiatan tersebut dan juga menerjunkan prajuritnya guna bersama-sama aparat keamanan wilayah Kabupaten Demak dalam melaksanakan bantuan keamanan kelancaran pada kegiatan yang dilaksanakan di kawasan pariwisata andalan di Demak,.

Mengingat daerah Demak ini juga salah satu bagian dari wilayah kerja pembinaan ketahanan wilayah dan pembinaan potensi maritim Lanal Semarang.