Jelang Kunker Presiden dan Wapres RI di Makassar, Prajurit Lantamal VI Makassar Ikuti Apel Gelar Pasukan PAM VVIP

Makassar, Dalam rangka menjelang kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla ke Makassar, Prajurit Lantamal VI Makassar mengikuti Apel gelar pasukan pengamanan VVIP di Wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, Jum’at (29/03/2019).

Apel gabungan yang digelar di lapangan Hasanuddin tersebut guna mempersiapkan pengamanan kedatangan Presiden dan Wapres RI pada hari Sabtu tanggal 30 s.d. Minggu 31 Maret 2019.

Tampil sebagai Inpektur Upacara, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1408/BS Makassar Kolonel Inf Andriyanto yang membacakan sambutan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M. Si., menyampaikan untuk pedomani Standar Operasional Prosedur (SOP) dan pahami tata aturan yang berlaku guna menghindari terjadinya pelanggaran Hukum dan HAM serta tingkatkan jalinan komunikasi dan koordinasi dengan pihak yang terkait dengan sebaik-baiknya dan lakukan langkah-langkah antisipatif dari berbagai kemungkinan ancaman, gangguan, hambatan dan tantangandari berbagai pihak yang dapat menggagalkan atau mencederai pelaksanaan kegiatan Presiden maupun Wakil Presiden di wilayah Sulawesi Selatan.

“Untuk itu segera petakan daerah-daerah yang perlu mendapat pengamanan maksimal dan segera gelar komunikasi sehingga komando pengendalian dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu waspadai cuaca yang kurang bersahabat, yang hingga saat ini curah hujan intensitasnya masih tinggi”, ujar Dandim 1408/BS Makassar saat membacakan sambutan Pangdam XIV Hasanuddin tersebut.

Dalam apel gelar pasukan ini, Lantamal VI menghadirkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang terdiri dari 1 Kompi Prajurit Lantamal VI serta 1 Kompi dari Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Yonmarhanlan VI) serta diikuti semua unsur dan satuan pengamanan dari TNI dan Polri dihadirkan. Tampak juga satuan dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Apel gelar pasukan dihadiri oleh Pangdam XIV Hasanuddin, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas, Danyonmarhanlan VI dan pejabat TNI Polri Wilayah Makassar serta sejumlah undangan lainnya.