Komandan Lanal Yogyakarta Hadiri Pembukaan Pelatihan Potensi SAR Bidang Pertolongan di Permukaan Air

Komandan Lanal Yogyakarta Hadiri  Pembukaan Pelatihan Potensi SAR Bidang Pertolongan di Permukaan Air

Lantamal V (29/3), —

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Yogyakarta, Lantamal V, Koarmada II, Letkol Marinir Bambang Adriantoro menhadiri Pembukaan Pelatihan Potensi SAR Bidang Pertolongan di Permukaan Air tahun 2019 di halaman Kantor Basarnas,  Sedayu, Bantul, Yogyakarta, Jumat (29/3).

Upacara  ini dihadiri Dirbinpot Basarnas Pusat Jakarta, Dirsabhara Polda DIY,  Komandan Lanal Yogyakarta, Direktur Sabhara Polda DIY, Direktur PolAir Polda DIY, Komandan Kodim Bantul, Kapolres Bantul dan Kepala pelaksana BPBD Bantul dan Kulonprogo serta Ketua Komunitas Relawan yang ada di Wilayah Yogyakarta.

Direktur Bina Potensi Basarnas Pusat Marsekal Pertama TNI F. Indrajaya, S.E.,M.M. menjadi Inspektur Upacara sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Potensi SAR Bidang Pertolongan di Permukaan Air ini.

Dalam sambutannya, Jendral Bintang Satu itu mengatakan bahwa sesuai UU NO 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan,  Basarnas memiliki tugas dan tanggung jawab melaksanakan pembinaan melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknis khusus bagi potensi SAR baik perorangan, Instansi maupun organisasi.

Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini lanjut  indra, adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan teknis pertolongan korban di permukaan air kepada potensi SAR, sehingga para potensi SAR yang terlatih dapat membantu tugas Basarnas dalam melaksanakan operasi SAR secara Aman, cepat, tepat, terpadu dan terkoordinasi.

“Saya berharap, melalui pelatihan ini dapat menghasilkan semangat kemanusiaan, kesatuan pola pikir dan pola tindak yang sama untuk memberikan pelayanan jasa SAR yang optimal,” harap F. Indrajaya.

Pelatihan Potensi SAR ini di Ikuti oleh 32 peserta, baik dari TNI, Polri maupun  komunitas relawan yang ada di wilayah kerja Kantor Basarnas Yogyakarta.

Pelatihan ini lanjutnya.  diselenggarakan selama enam hari yang dilaksanakan di Kantor Basarnas Yogyakarta untuk materi kelasnya  selama 3 hari, sedangkan materi lapangan yang akan dilaksanakan di Waduk Sermo Kabupaten   Kulonprogo selama 3 hari.