RAPAT RENTINKON KOTAMAOPS TNI TAHUN 2020 SECARA RESMI DIBUKA OLEH PANGKOARMADA II

Koarmada II. Surabaya, 28 Maret 2019

Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si. secara resmi membuka Rapat koordinasi Rencana Tindakan Menghadapi Kontijensi (Rentinkon) Kotamaops TNI wilayah tengah dan wilayah timur th. 2020, bertempat di Gedung Candrasa Mako Koarmada II. Kamis (28/03/2019).

Dalam sambutannya Pangkoarmada II mengatakan,  sebagai alat pertahanan negara seperti yang diamanatkan oleh UU nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, peran dan tugas TNI diselenggarakan dalam operasi militer ,untuk perang dan operasi militer selain perang, dimana penggunaan kekuatan TNI untuk melaksanakan tugas tersebut didasarkan pada kebijakan dan strategis yang didasarkan pada kebijakan dan strategi yang disesuaikan dengan kondisi obyektif yang sedang dihadapi bangsa Indonesia.

Selanjutnya kotama operasi TNI sebagai pelaksana operasi TNI di wilayah operasinya, memiliki tugas untuk menyelenggarakan pertahanan terpadu dalam menghadapi kontijensi di daerah, dengan membuat rencana tindakan menghadapi kontijensi berdasarkan tugas pokok yang di sesuaikan dengan kondisi wilayah dan ancaman potensial yang mungkin terjadi.

“Rencana tindakan menghadapi kontijensi atau rentikon kotamaops TNI, pada hakikatnya merupakan dokumen strategis jangka pendek kotamaops TNI yang berisi tentang rencana pelibatan kekuatan unsur-unsur kotamaops TNI untuk menghadapi kontijensi di wilayah tanggung jawabnya “, terang Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto,  S. Sos,  M. Si.

Lebih lanjut Pangkoarmada II mengatakan,  Rakor ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana mekanisme penyusunan rentinkon kotamaops TNI dalam rangka mengantisipasi kesiapsiagaan, merumuskan dan mengaplikasikan rencana tindakan guna menghadapi kontijensi yang diperkirakan akan terjadi di wilayah tanggung jawab masing-masing.

Pangkoarmada II berharap pelaksanaan penyusunan naskah rentinkon dapat berjalan dengan baik.

” Laksanakan koordinasi, gunakan informasi yang didapat baik berupa saran atau masukan pada rakor ini, untuk segera dijabarkan dalam penyusunan rencana pelibatan masing-masing demi kesempurnaan naskah rentinkon yang di buat “, tandas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Rakor ini juga menurut Pangkoarmada II, merupakan sarana komando atas untuk mendapatkan bahan masukan, berupa kontijensi terpilih sebagai bahan penyusunan rencana tindakan menghadapi kontijensi kotamaops TNI tahun 2020 ,serta penyusunan program kerja bidang operasi, karena rentinkon kotamaops TNI merupakan salah satu dokumen pendukung dalam penyusunan program kerja TNI.

Ikut hadir dalam acara tersebut antara lain Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Kaskoarmada II, Danlantamal V, Danguskamlakoarmada II, Asintel Pangkoarmada II, Asops Pangkoarmada II.

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P)  Djawara H.T. Whimbo A.