PERAN PENINGGALAN KAPAL AKHIRI LATIHAN MAHASISWA STIKES HANG TUAH DI DISLAMBAIR KOARMADA II

Koarmada II. Surabaya, 28 Maret 2019

Hari terakhir latihan praktek Mahasiswa Stikes Hang Tuah Surabaya, kini masuki materi simulasi Peran peninggalan kapal, dan Search And Rescue (SAR) evakuasi medis di laut, bertempat di Kombasin Dislambair Koarmada II. Kamis (28/03/2019).

Sebanyak 123 mahasiswa Stikes Hang Tuah Surabaya mendapat pelatihan dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II tentang SAR,  dan upaya penyelamatan korban di laut.

Sementara pada kegiatan latihan peran peninggalan kapal tersebut, di skenariokan bahwa kapal mengalami kecelakaan dan tenggelam. Dalam proses sebelum kapal tenggelam ada tahapan yang dilaksanakan , dari mulai bertemu di titik kumpul yang telah di tentukan guna mengecek kelengkapan personel, selanjutnya melaksanakan terjun atau loncat paku, renang berantai menuju liferaft atau sekoci karet.

Usai melaksanakan latihan peran peninggalan , para mahasiswa dilanjutkan dengan materi cara pemberian pertolongan pertama pada korban dan proses evakuasi korban dari laut menuju sekoci karet.

Sementara itu Kadislambair Koarmada II Letkol Laut (T) Eduard Simbolon,  S.E. berharap dari pelatihan ini, para mahasiswa mampu mendapatkan pengetahuan yang berguna untuk menunjang kemampuan mereka sebagai tenaga kesehatan yang profesional nantinya.

” Saya harap para mahasiswa yang telah mendapat pelatihan dari staf Dislambair Koarmada II,  selain menambah ilmu mereka, juga mampu mereka praktekkan secara baik dan benar bilamana suatu saat menemui atau mengalami kondisi tertimpa bencana di laut “, tandas perwira menengah dengan dua melati di pundak ini.

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P)  Djawara H.T. Whimbo A.