MAKO LANTAMAL VIII BUKA PENDAFTARAN BAGI PEMUDA/PEMUDI INDONESIA UNTUK BERGABUNG MENJADI PRAJURIT LAUT

Koarmada II. Manado, Rabu (27/03/2019). TNI Angkatan Laut pada tahun ini membuka kesempatan bagi para pemuda/pemudi Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam menjaga Laut Indonesia. Para pemuda/pemudi Indonesia tersebut akan di didik menjadi Calon Taruna dan Taruni AAL TA. 2019 dan Calon Bintara PK Pria/Wanita TNI AL Gelombang I TA. 2019. Pendaftaran online dibuka mulai Tanggal 01 April  S.D. 05 Mei 2019, sedangkan untuk validasi pendaftaran dibuka tanggal 01 April  S.D. 05 Mei 2019 di Mako Lantamal VIII Jl. Yos Sudarso No. 1, Kairagi Weru-Manado.

Persyaratan umum untuk Calon Taruna dan Taruni AAL TA. 2019 sebagai berikut,

1. Warga negara Republik Indonesia, pria/wanita beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

2. Pria atau Wanita, mempunyai tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm untuk calon taruna dan 157 cm untuk calon taruni dengan berat seimbang.

3. Berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma, tanggal 01 Agustus 2019.

4. Berijazah SMA/MA program IPA, dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut:

    a) Lulus SMA/MA tahun 2014 jurusan IPA dengan nilai akhir rata-rata minimal 6,25;

    b) Lulus SMA/MA tahun 2015 jurusan IPA dengan nilai  UN rata-rata IPA minimal 55,00;

    c) Lulus SMA/MA tahun 2016  jurusan IPA dengan nilai rata-rata IPA minimal 50,00;

    d) Lulus SMA/MA tahun 2017 jurusan IPA dengan nilai rata-rata IPA minimal 47,00;

    e) Lulusan SMA/MA tahun 2018 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 46,00 Dan jurusan IPS Minimal 42,00;

    f) Lulusan SMA/MA tahun 2019 atau kelas 12 jurusan IPA dan IPS akan di tentukan kemudian;

    g) Atau Kelas 12 dengan nilai rata-rata raport semester satu(1) s.d. semester Lima(5) tidak kurang dari 6,50 (bagi jurusan IPA)dan tidak kurang dari 7,00(bagi jurusan IPS) serta sudah terdaftar sebagai peserta UAN;dan

5. Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian  (SKCK) dari polres setempat.

6. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidakbertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ memakai softlens.

7. Belum pernah menikah dan sangup tidak menikah selama mengikuti Dikma.

8. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Letnan Dua.

9. Bersedia ditempatkan Diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

10. Bukan prajurit TNI,anggota Polri maupun Pns;

11. Bagi calon Taruni berpenampilaan menarik.

12. Surat Keterangan Bersih Diri Dari Koramil setempat (SKBD).

Persyaratan umum untuk Calon Bintara PK Pria/Wanita TNI AL Gelombang I TA. 2019 sebagai berikut,

1. Warga negara Republik Indonesia, pria dan wanita, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS);

2. Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada tanggal  30 Juli 2019;

3. Berijazah minimal lulusan SMA/MA/SMK semua jurusan dengan nilai rata-rata(UAN ditambah UAS)minimal 5,5,Atau kelas 12 dengan nilai rata-rata rapot semester satu s/d lima tidak kurang  dari 6,50 serta sudah terdaftar sebagai peserta UAN;

4. Bagi yang berijazah  D2/D3 semua Jurusan dengan Akreditasi pendidikan minimal “B” dan IPK minimal 2,70;

5. Bagi yang berijazah D2/D3 berusia setinggi-tingginya  26 tahun dan sekurang-kurangnya 20 tahun pada saat pembukaan Dikma;

6. Tinggi badan minimal 163 cm untuk Caba Pria dan 157 cm untuk Caba Wanita dengan berat badan seimbang;

7. Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.

8. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato dan bertindik maupun bekasnya, tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ memakai softlens.

9. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Dikma dan selama 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan.

10. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung saat mulai dilantik menjadi Sersan Dua.

11. Bersedia ditempatkan diseluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

12. Memiliki KTP dan Kartu  Keluarga (KK) sesuai dengan tempat pendaftaran terdekat.

13. Bagi Calon Bintara Wanita berpenampilan menarik.

14. Surat Keterangan Bersih Diri dari Koramil Setempat (SKBD)

Cara Mendaftar sebagai berikut,

1. Calon mendaftar secara online melelui internet dengan website al.rekrutmen-tni.mil.id dengan mengisi formulir pendaftaran.

2. Daftar ulang secara fisik ketempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran  dan dokumen asli Akte Kelahiran, KTP Calon, KTP Oranag Tua/Wali, Kartu Keluarga (KK), Ijazah dan SKHU SD, SMP, SMA Sederajat Masing-masing foto copy Satu lembar, Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4×6 cm dua lembar, 3×4 dua lembar serta stopmap warna Biru.

3. Pakaian Calon saat mandaftar kemeja putih dan celana kain hitam.

Bagaimana? Anda berminta untuk bergabung dengan TNI AL. Sillahkan kunjungi websitenya untuk melakukan pendaftaran online di al.rekrutmen-tni.mil.id dan mengirimkan berkas di alamat berikut ini. Manado : Mako Lantamal VIII Jl. Yos Sudarso No. 1, Kairagi Weru-Manado Sulawesi Utara. Penerimaan para Calon tidak dipungut biaya/ gratis, awas hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan para Panitia Pendaftaran TNI AL. Join The Navy To See The World.

Demikian berita Dinas Penerangan Lantamal VIII.