Mantap, Satu Unit Speed Boat Perkuat Lanal Cilacap

Lantamal V (27/3).

Mantap, satu unit Speed boat akan memperkuat jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Lantamal V, Koarmada ll  setelah diserahterimakan dari CV. Randoan kepada Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo di Dermaga Seleko Lanal Cilacap, Rabu (27/3).

Dalam sambutannya Danlanal Cilacap menyampaikan atas nama TNI AL mengucapkan  terima kasih atas perhatian, kepedulian dan bantuan / hibah satu unit speed boat kepada Lanal Cilacap.

Bantuan ini tegas Danal Lanal, akan dilaporkan kepada komando atas, akan dijaga dan dirawat serta akan dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung kegiatan Lanal Cilacap dalam menjalankan tupoksi Pangkalan TNI AL .

Sementara itu Miskun (Direktur CV. Randoan) menyampaikan bahwa perusahaannya selaku bagian dari industri kecil pembuatan kapal daerah memiliki keinginan untuk membantu Lanal Cilacap yang telah berkonteibusi besar dalam pengamanan wilayah perairan Cilacap.

“Lanal Cilacap telah berkontribusi besar dan telah aktif dalam mendukung keamanan di perairan Cilacap, dan berharap fasilitas ini bisa  digunakan kegiatan kemaritiman sekaligus nantinya digunakan  melaksanakan operasi dan patroli lebih maksimal lagi,” harapnya.

Adapun data teknis flatform speed boat bantuan ini terbuat dari bahan Fiber, memiliki ukuran panjang 6 m, lebar 1,9 m dan tinggi 1,8 m dilengkapi 2 (dua) mesin Suzuki 40 PK, hasil uji coba memiliki kecepatan 25 s.d 30 knot di laut.

Danlanal Cilacap menambahkan bahwa kehadiran speed boat ini, nanti diharapkan akan memperkuat Satuan Patroli Lanal sebagai unit SFQR (Second Fleet Quick Response).

“Alut baru ini sementara diberi nama Patkamla “SIDAT”, dengan pertimbangan ikan Sidat merupakan salah satu  komoditas yang sedang naik daun berasal dari Cilacap,” tegas Danlanal Cilacap.