TNI AL HADIR MENJAGA KEDAULATAN NKRI, DANGUSPURLA KOARMADA II KUNJUNGI TALAUD

Koarmada II – Surabaya, 20 Maret 2019

Pangkalan TNI AL Melonguane yang terletak di Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai satuan terdepan di wilayah Utara NKRI mendapat kehormatan kunjungan dari Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc.,  yang tergabung dalam “Satgas Operasi Kawanua Sakti 2019.”

Danguspurla Koarmada II didampingi Komandan KRI Fatahillah – 361 letkol laut (P) Sandy Kurniawan tiba di dermaga pelabuhan umum melonguane setelah dijemput KAL Pulau Karakelang bernomor lambung 1 – 8 – 30 dari KRI Fatahillah – 361 yang lego Jangkar di Selat Lirung Kepulauan Talaud.

Perwira tinggi bintang satu TNI AL mengungkapkan saat ini sedang melaksanakan tugas berpatroli  dalam operasi Kawanua Sakti dengan KRI Fatahillah – 361 di wilayah perbatasan antara Indonesia  dengan Filipina, dimana wilayah perbatasan termasuk pulau -pulau kecil terluar mulai dari Miangas, Marampit, Marore dan pulau lain yang ada disekitar perairan utara Indonesia menjadi wilayah kerja Koarmada II.  Operasi ini merupakan salah satu operasi yang berada di bawah Gugus Tempur Laut.

” Kita singah sebentar di Pelabuhan Melonguane, sekaligus  untuk menunjukan kepada seluruh masyarakat Talaud bahwa TNI dalam hal ini TNI Angkatan Laut akan terus hadir di wilayah perairan wilayah ini  untuk menegakan hukum dan kedaulatan NKRI.  Jadi untuk masyarakat Kepuluan Talaud  jangan selalu merasa bahwa kalau sudah berada pada posisi yang  jauh dari ibu kota ( Jakarta – red ) berarti kalian ditinggal sendiri, tidak. Kita akan selalu hadir untuk menunjukan bahwa  kalian juga merupakan warga dan masyarakat  Indonesia yang selalu mendapatkan perhatian dan lindungan dari TNI,” ujar Danguspurla Koarmada II.

Lanjut dikatakan, diwaktu yang ada  tersebut Danguspurla Koarmada II juga akan  meninjau  Pangkalan TNI Angkatan Laut Melonguane untuk memberikan arahan penekananan, pengarahan, maupun motivasi.

” Dalam melaksanakan tugas mereka juga akan selalu didukung. Jadi tidak ada kata ditinggal  atau  sendiri dalam melaksanakan tugas disini, karena bagaimanapun juga kita akan selalu mendukung dan memberikan apa yang memang perlu dibantu kepada prajurit di Talaud,” katanya

Diharapkan efek yang diberikan nantinya  juga dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat, khususnya dalam hal keamananan di wilayah perairan  laut  Indonesia ataupun juga penegakkan kedaulatan.

Dalam kunjungannya di Lanal Melonguane, Danguspurla Koarmada II menerima Paparan dari Danlanal tentang situasi wilayah kerja dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dgn tugas pokok pangkalan, Danguspurla sangat mengapresiasi kinerja Lanal melonguane di tengah keterbatasan yang ada mampu melaksanakan tugas tangung jawab fungsinya dengan baik, juga menyampaikan seluruh personil TNI AL melonguane untuk jaga kekompakan dengan satuan TNI, Polri serta seluruh instansi di Kabupaten Talaud

Danguspurla bersama  Komandan KRI Fatahillah – 361 didampingi Danlanal Melonguane di hari yang sama juga mengunjungi Kantor Bupati Kepulauan Talaud dan bertatap muka dengan Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip di ruang kerjanya

Bupati Kepulauan Talaud  memberi apresiasi yang setinggi tingginya kepada Danguspurla Koarmada II yang sudah berkesempatan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Talaud, dalam penyampaian nya Sinergritas TNI, Polri dan Pemda di Kabupaten kepulauan Talaud Lanal melonguane terjalin sangat baik antar instansi.

“Salah satu contoh adalah saat menyalurkan bantuan dari pemda kemasyarakat yang berada di pulau pulau terluar kita mengunakan KAL Pulau Karakelang milik Lanal Melonguane sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.”

Tentunya masyarakat dan pemerintah kabupaten kepulauan Talaud merasa bangga, begitu diperhartikan dan dijaga keamanannya dengan kehadiran KRi Fatahilah – 361 yang dipimpin langsung Danguspurla Koarmada II

Bupati menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan Danguspurla Koarmada II beserta prajurit KRI Fatahilah – 361 di kabupaten kepulauan Talaud di tengah kesibukan Koarmada II bersama prajurit melakukan tugas negara mengawal tapal batas Utara  NKRI masih berkenan menyempatkan waktu bersilaturahmi dengan kami.

Pada kesempatan itu pula Bupati kepulauaan Talaud memberikan gambaran tentang keberadaan dan pembangunan yang sedang di kerjakan pemerintah.

” Koordinasi yang baik antar fungsi pangkalan dengan KRI yang beroperasi, di buktikan dengan keikut sertaan KRI Fatahilah mencari korban nelayan desa kolongan yang hilang dilaut berdasarkan laporan masyarakat ke Lanal Melonguane dan diteruskan ke KRI Fatahilah – 361. ” Namun korban belum ditemukan.

Penyambutan Danguspurla di dermaga umum Melonguane dihadiri oleh Danlanal Melonguane Letkol Marinir Augustinus Purba, Kajari Kepulauan Talaud Sutikno, Wakapolres Maria Boki Buida, Kasdim 1312/ Talaud Mayor Inf Sigfried Panaha, Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda bersama Asisten Administrasi Umum Sekda Gustaf Atang.

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P)  Djawara H.T. Whimbo A.