Asops Danlantamal V Hadiri Pembukaan Latihan Operasi Dukungan TA.2019

Asops Danlantamal V Hadiri Pembukaan Latihan Operasi Dukungan TA.2019

Lantamal V (21/3), —

Asisten Operasi Komandna Pangkalan Utama TNI AL (Asops Danlantamal) V, Koarmada ll, Kolonel Laut (P)  Agus Prabowo  Adi, S.E. mewakili Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Operasi Dukungan ( Latopsduk ) TA.2019, Kamis (21/3).

Latihan yang digelar di Auditorium Gd. JOPR Kodiklatal ini, dibuka Komandan Kodiklatal, Laksda TNI Dedy Yulianto, S.E. dengan Komandan Upacara   Dansatlakmatla Puslatopsla, Letkol Laut (P) Jarot.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kasarmada II, Wadan Kodiklatal, Dankodikopsla,  Wagub AAL, Danguspurla Koarmada II, Danpupenerbal, Karumkital RSAL Dr. Ramelan,  Kadispsial, Para Direktur Kodiklatal, Dan STTAL dan undangan lainnya.

Menurut Dankodiklatal, Kodiklatal mengemban tugas penyelenggaraan pembinaan doktrin dan organisasi satuan jajaran TNI angkatan Laut serta pembinaan pendidikan dan latihan TNI angkatan Laut dalam rangka mendukung tugas TNI AL.

Latopsduk tahun 2019  akan dilaksanakan selama delapan hari ini,  merupakan wujud dari pembinaan kemampuan yang dilaksanakan oleh jajaran Kodiklatal untuk membekali dan mempersiapkan prajurit TNI Angkatan Laut, agar kedepan mampu melaksanakan tugas-tugas operasi dukungan dalam rangka operasi gabungan TNI.

Seperti kita ketahui bersama bahwa puncak latihan TNI AL yang dilaksanakan dalam bentuk Latihan Armada Jaya merupakan kesinambungan dari berbagai macam latihan yang dilaksanakan sebelumnya, termasuk di dalamnya yaitu operasi dukungan yang terdiri atas operasi dukungan angkatan laut, operasi dukungan intelijen, operasi dukungan kesehatan dan operasi dukungan psikologi.

Selain itu latihan ini dilaksanakan dalam rangka menguji doktrin operasi gabungan tentang operasi dukungan angkatan laut, operasi dukungan intelijen, operasi dukungan kesehatan dan operasi dukungan fisiologi sesuai dengan tugas Kodiklatal sebagai Lembaga pembina doktrin di TNIAL.

Melalui latihan ini di harapkan dapat meningkatkan pengetahuan pemahaman dan keterampilan serta menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para pelaku latihan sesuai dengan bidang operasi masing masing.