PANGKOARMADA II HADIRI ACARA PERAGAAN SISPAMKOTA TH. 2019

Koarmada II. Surabaya, 19 Maret 2019

Panglima Komando Armada II ( Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S. Sos,  M. Si, menghadiri acara latihan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) tahun 2019, bertempat di Lapangan Makodam V/ Brawijaya. Selasa (19/03/2019).

Demi mewujudkan kondisi yang aman dan khidmat dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur, TNI dan Polri serta unsur pengamanan terkait gelar latihan Sispamkota th 2019.

Peragaan Sispamkota terdiri atas 6 tahapan yakni, Tahap Distribusi Surat Suara dilanjutkan tahapan Kampanye kemudian masa tenang yang dilanjutkan dengan tahapan pemungutan suara, tahapan hasil pemungutan suara dan diakhiri dengan tahapan Sispamkota.

Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut , serta pimpinan TNI/Polri di Jatim antara lain Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi, Kapolda Jatim Irjenpol Drs. Luki Hermawan dan para unsur pendukung terkait.

Pada kegiatan tersebut sebanyak 1.328 pasukan gabungan TNI dan Polri mendemonstrasikan keahlian pembebasan sandera dan pengendalian massa serta pengamanan huru-hara dalam simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

 Dalam sambutannya  Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, mengatakan jika tugas pokok TNI adalah melindungi seluruh warga negara Indonesia.

” Karenanya TNI AD, AL, dan AU akan siap membantu mengamankan pemilu bekerjasama dengan Polri, untuk menjamin aman dan damai serta tidak ada tekanan.

Kekuatan TNI  sendiri di wilayah Jatim ada 17.000 personil yang siap digerakkan membackup Polri,” tegas Pangdam V Brawijaya.

Sementara itu Gubernur Jatim mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada seluruh anggota TNI-Polri yang terlibat dalam peragaan latihan Sispamkota tersebut.

“Kami menilai bahwa TNI-Polri benar-benar sudah siap dalam melaksanakan pengamanan pelaksanaan pileg dan pilpres tahun 2019” tandas orang nomor satu di Jawa Timur tersebut.

Kadispen Koarmada II Letkol Laut (P)  Djawara H.T .Whimbo A.