Cek Kesiapan Personel, Lanal Tegal Gelar URIKKES 2019

Cek Kesiapan Personel, Lanal Tegal Gelar URIKKES 2019

Lantamal V (18/3), —

Untuk melihat sejauhmana kesiapan personelnya, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal, Lantamal V, Koarmada ll menggelar Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikkes) Rutin TA.2019 yang dilaksanakan  di Balai Pengobatan Mako Lanal Tegal Jl. Mayjend Sutoyo no.23 Kelurahan Pekauman Kota Tegal, Senin (18/3).

Menurut Komandan Lanal Tegal, Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE.M.Tr Hanla,MM mengatakan bahwa Urikkes ini merupakan hak dan kewajiban sebagai prajurit TNI AL, sekaligus menjadi salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan dinas kepada prajuritnya.

Untuk pelaksanaan Urikkes ini akan berlangsung bertahap mulai Senin 18/3 sd 20/3 Maret 2019 oleh Dinkes Lantamal V Surabaya.

Pelaksanaan Urikkes rutin di BP Lanal Tegal ini lanjut Agus, diperuntukan bagi 192 personelny yang berpangkat Perwira Pertama (Pama), Bintara,Tamtama dan PNS, sedangkan untuk Perwira Menengah (Pamen) melaksanakan Urikkes di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr.Ramelan Surabaya.

 Menurut Danlanal, Urikkes dilaksanakan sebagai upaya deteksi dini bila di temukan gangguan dan kelainan kesehatan bisa segera ditangani.

Data kesehatan ini secara administrasi sebagai data record medis personil untuk penugasan maupun sebagai syarat kenaikan pangkat prajurit maupun PNS di lingkungan Lanal Tegal.

“Untuk prajurit dan PNS jangan ragu dan takut melaksanakan urikkes, justru dengan Urikkes rutin secara dini kita dapat mengerti dan melihat kondisi kesehatan kita saat ini,” pintanya.

Tim Urikkes dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya yang datang ke Lanal Tegal kali ini dipimpin Koordinator Urikkes Letkol Laut (KH/W) Hidiyati Utami,  Ketua Tim Urikkes Mayor Laut (K) Guno Wardoyo S.Kep. beserta 11 personil yang bekerja sama dengan Balai Pengobatan Mako Lanal Tegal.

Adapun tahapan dalam Urikkes meliputi test darah lengkap, test urin, test pengukuran tensi badan, pemeriksaan Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT), pemeriksaan Gigi, pemeriksaan Mata, pemeriksaan Jantung (EKG) dan Rongent.