Personel Lanal Cilacap Ikuti Safari Pembinaan Mental TNI

Personel Lanal Cilacap Ikuti Safari Pembinaan Mental TNI

Lantamal V (14/3).

Prajurit dan PNS Pangkalan TNI Angkatan Laut  (Lanal) Cilacap, Lantamal V, Koarmada ll  mengikuti acara Safari Pembinaan Mental (Bintal) TNI Tahun 2019 yang digelar di Gedung R.E. Martadinata Lanal Cilacap Jl. Kolonel Sugiono Kel. Cilacap Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap, Kamis (14/3).

Sedikitnya 300 orang hadir dalam kegiatan tersebut, selain personel Lanal Cilacap, tampak hadir pula personel dari wilayah koordinasi Kodam IV/Diponegoro seperti dari  Korem 071/WK, Lanud B.J Soedirman, LVRI dan perwakilan anggota Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri serta Pia Ardhya Garini.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut  (Danlanal) Cilacap, Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo dalam amanatnya yang dibacakan Pgs. Palaksa  Mayor  Laut (PM) Okta Yudi Prayogo, S.H,  mengatakan bahwa pembinaan mental adalah fungsi komando.

“Bintal bukan hanya milik para rohani, semua atasan wajib memberikan pembinaan mental  kepada bawahannya seperti Bintal Rohani, Bintal Psikis dan Bintal Ideologi Kejuangan,” terang Teguh -sapaan akrab Danlanal Cilacap ini.

Sementara itu  Letkol Caj Wagirun (Kasijianbang Pusbintal TNI) dari tim Safari Bintal TNI menjelaskan, ada beberapa faktor yang dapat merubah cara berfikir parjurit TNI diantaranya ialah pengaruh lingkungan global, kesadaran hukum/aturan/norma masih kurang.

“Bintal Fungsi Komando belum optimal dan dampknya adalah masih ditemuinya  pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh oknum prajurit TNI,” terangnya.

Dalam kegitan yang dihadiri perwira staf dari Lanal Cilacap, Korem 071/WK, dan perwira Lanud BJ.Soedirman tersebut, juga dilaksanakan penyerahan cenderamata,  tali asih, dan pembagian kitab suci kepada para veteran dan warakawuri.