250 PRAJURIT DAN PNS KOARMADA II “SERBU ” PETUGAS PMI

Koarmada II. Surabaya, 13 Maret 2019

Sekitar 250 orang prajurit dan PNS Koarmada II pagi tadi menyerbu para petugas Palang Merah Indonesia Cabang Sidoarjo yang sedang menunaikan tugas.

Aksi mereka adalah untuk mendaftarkan diri sebagai peserta donor darah , yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes)  Koarmada II,  bertempat di Rumkital Idris P. Siregar Koarmada II, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan donor darah ini adalah kegiatan rutin triwulan yang dilaksanakan di Koarmada II guna meningkatkan rasa kepedulian dan kemanusiaan prajurit terhadap sesama, selain juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor itu sendiri.

Sebelum melaksanakan donor darah para  Prajurit dan PNS Koarmada II terlebih dulu melakukan cek Hemoglobin dan tekanan darah sebagai syarat utama dapat melaksanakan kegiatan ini. Pengecekan darah dilakukan oleh tim  PMI untuk mengetahui darah tersebut bisa atau tidak didonorkan karena jika mengandung bibit penyakit maka pendonor tidak bisa untuk di pada kegiatan sosial ini.

Dengan berpartisipasi mendonorkan darahnya secara rutin akan membuat organ pembentuk darah kita berfungsi lebih efektif, sel-sel aktif dan secara dini dapat mengetahui penyakit yang bisa dideteksi dalam darah sebagai hasil dari tes screening.

Dan yang lebih menguntungkan lagi jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya bisa menurunkan resiko penyakit jantung yang akhir-akhir ini sering menyerang manusia tanpa memandang batasan usia secara tiba-tiba.

Kegiatan donor darah ini adalah kerjasama antara Diskes Koarmada II dengan Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Sidoarjo.

Hadir dalam giat tersebut Asisten Perencana (Asrena) Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Rony Saleh dan  Asisten Operasi (Asops) Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayu Seto.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.