Semangat Tempur Prajurit Koarmada II Lantamal VI Terpancar Saat Berhadapan Dengan Perompak

Makassar,Semangat tempur Pasukan Komando Armada II (Koramada II) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) terpancar saat berhadapan dengan perompak yang menyandera ABK di sekitar pantai Barombong, Rabu (7/3/2019).

Pasukan Koarmada II Lantamal VI yang terdiri Prajurit Satuan Patroli (Satrol) Lantamal VI dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Yonmarhanlan VI) , dengan cepat langsung menuju ke sasaran kapal yang menjadi tempat penyanderaan.

Sempat mendapat perlawanan dan kewalahan karena para penyandera menggunakan senjata api , namun itu semua dapat teratasi dan sandera berhasil diselamatkan baik yang berada di atas kapal maupun yang sudah dilarikan ke pantai Barombong oleh perompak.
Namun, aksi tersebut adalah skenario dari latihan pertempuran Laut pasukan Koarmada II Lantamal VI yang diimpin oleh komandan latihan Kolonel laut (P) Bayu Trikuncoro.

Komandan latihan mengatakan latihan itu adalah program rutin
“Kami melaksanakan latihan pembebasan sandera di kapal yang dilaksanakan di Pantai Barombon yang mengsimulasikan pembajakan kapal oleh perompak di ALKI II dan menyadera ABK kapal menuju pantai barombong. Latihan ini menggabungkan kekuatan kapal perang dan pasukan pendarat” ujar pimpinan latihan.

Lebih lanjut menjelaskan, tujuan dan sasaran dari latihan ini diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan kinerja Prajurt dalam menyelesaikan masalah-masalah di laut.
“Terutama bagaimana kita mempertahankan naluri tempur,, kemudian bagaimana kita mengenali karakteristik senjata kapal dan meningkatkan kemampuan tempur prajurit baik prajurit laut maupun pasukan pendarat ” ucapnya.