Resmikan PLTS, Lanal Cilacap Sambut Kunker Menteri KLHK di Cilacap

Resmikan PLTS, Lanal Cilacap Sambut Kunker Menteri KLHK di Cilacap

Lantamal V (6/3).

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Lantamal V diwakili Pgs. Palaksa  Mayor  Laut (PM) Okta Yudi Prayogo, S.H menghadiri Kunjungan Kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), DR. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc di Wilayah Kab. Cilacap, Selasa (5/3).

Kehadiran Menteri KLHK di Cilacap ini diprakarsai Pertamina RU IV Cilacap berkaitan dengan peresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan Sistem On Grid Pertama di Refinery Unit 4 Cilacap.

Sistem tenaga listrik yang dikemas dalam Program Unggulan Proper E-Mas Bayu atau Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin tersebut, resmi beroperasi di Dusun Bondang Desa Ujungalang Kecamatan Kampung Laut.

Direktur Pengolahan Pertamina, Budi Santoso Syarif menyatakan pengembangan energi bersih berwawasan lingkungan di Dusun Bondan ini didukung dengan program energi baru dan terbarukan yang sudah menjadi komitmen Pertamina.

Wujud nyata dari program energi baru dan terbarukan ini diaplikasikan melalui Program PLTS Sistem On Grid. Program ini sekaligus tercatat dalam Rekor MURI sebagai Kilang dengan Rumah Terbanyak Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya terbesar di Indonesia.

Kapasitasnya yakni 1 Megawatt yang berdampak pada penurunan emisi gas CO2 yang hitungannya setara dengan penghematan fossil fuel sekitar 246 ton, hal Ini menjadi sebuah prestasi baik, khususnya bagi Pertamina RU 4 Cilacap.

Dalam Kegiatan tersebut Lanal Cilacap melaksanakan Pengamanan baik Pam Darat maupun Pam Laut dengan melibatkan personil, serta unsur laut yaitu KAL Serayu, Sea Raider dan Perahu Karet.