PENGAMANAN DAN LATIHAN DI WILAYAH KERJA KOARMADA II AKAN LEBIH OPTIMAL DENGAN HADIRNYA SATUAN MARINIR KOARMADA II

KOARMADA II – Surabaya, 06 Maret 2019

Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si, meresmikan Satuan Marinir (Satmar) Koarmada II , dan mengukuhkan Letkol Mar Agung Setiyawan, S.E., sebagai Komandan Satuan Marinir Koarmada II, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II. Rabu (06/03/2019).

Dalam sambutannya Pangkoarmada II menyampaikan bahwa Satuan Marinir Koarmada II merupakan realisasi dari kebijakan pemimpin TNI tentang gelar satuan, sebagai  upaya pembangunan dan pembinaan kemampuan sistem senjata terpadu (SSAT) dalam gelar kekuatan TNI AL secara keseluruhan serta untuk mewujudkan visi pemerintah Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Pembentukan Satmar Koarmada II lanjut Pangkoarmada II, didasarkan kepada analisa kebutuhan pelaksanaan tugas pokok Koarmada II dengan beban wilayah kerja yang luas ditinjau dari pelaksanaan fungsi pertahanan ,yang menyangkut aspek penegakan kedaulatan  dan hukum di laut, maupun beragamnya bentuk ancaman dan perkembangan lingkungan strategis dihadapkan wilayah tugas Koarmada II yang sangat luas serta kompleksitas permasalahan yang dihadapi perlu diantisipasi dengan baik.

Karena itu menurut Pangkoarmada II  selaku kotama operasional  Koarmada II memiliki tugas melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), melaksanakan operasi laut sehari-hari dan operasi tempur laut dalam rangka pengendalian laut, proyeksi kekuatan ke darat lewat laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut sesuai kebijakan Panglima TNI.

Sementara disisi lain, Koarmada II sebagai kotama pembinaan memiliki tugas pokok membina kemampuan dan kekuatan komponen sistem senjata armada terpadu (SSAT), membina kemampuan peperangan laut, membina kesiapsiagaan operasional serta membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan Negara di laut.

” Untuk itu guna mendukung pencapaian tugas pokok Koarmada II agar lebih optimal perlu adanya unsur Marinir yang bersinergi sebagai kekuatan tempur yang besar sebagai wujud dari optimalisasi pembinaan satuan unsur-unsur SSAT dalam mendukung tugas operasi dan latihan yang selama ini beragam dan penuh dinamika “, tandas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Diakhir sambutannya, Pangkoarmada II berharap dengan diresmikannya Satmar Koarmada II, pengamanan dan latihan di wilayah kerja Koarmada II akan lebih optimal, sehingga dapat menjamin penggunaan laut untuk kepentingan sendiri dan mencegah penggunaan laut oleh lawan atau untuk kepentingan lawan, serta dapat menegakkan kedaulatan dan hukum di laut serta mampu mengemban tugas untuk mengkoordinasikan, menyiapkan kekuatan, kemampuan dan kesiapsiagaan tempur unsur Marinir yang di BKO kan sebagai pasukan pendarat (Pasrat) maupun di proyeksikan dalam suatu operasi yang dibebankan dalam kerangka SSAT dalam rangka mendukung tugas Koarmada II.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kaskoarmada II, para Asisten Pangkoarmada II, para Kasatker Koarmada II, para Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Koarmada II.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.