Dispen Lantamal V Raih Juara l Pemberitaan Terbanyak Kategori Lantamal Periode 2018-2019

Dispen Lantamal V Raih Juara l Pemberitaan Terbanyak Kategori Lantamal Periode 2018-2019.

Lantamal V (1/3).

Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V (Dispen Lantamal V) dikukuhkan sebagai Juara l Pemuatan Berita Terbanyak Tahun 2018-2019 Kategori Pangkalan Utama TNI AL yang diberikan saat pelaksanaan Rapat Kerja Teknis Penerangan (Rakernispen) TNI AL 2019 yang digelar di Gedung Neptunus, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur tadi malam.

Selain pemberitaan terbanyak kategori Lantamal, Dinas Penerangan TNI AL juga melakukan penilaian untuk kategori Kotama yang diraih Dispen Kormar, kemudian kategori Lembaga Pendidikan diraih Bagpen Kodiklatal dan Kategori Reportase terbanyak di Radio Jalasveva Jayamahe (JJM) yang diraih Lantamal Pantianak.

Rakernispen tahun ini, diikuti sebanyak 28 peserta dari Dispen Komando Utama (Kotama) serta Dispen Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal), yang mengusung tema “Dengan Dilandasi Profesionalisme, Jajaran Penerangan TNI AL Siap Meningkatkan Kualitas dan Sinergitas Kinerja”.

Dalam Rakernispen yang dihadiri seluruh Jajaran Penerangan TNI AL seluruh Indoneaia ini, Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc. Sc., menekankan sinergitas penerangan harus ditingkatkan dengan stakeholder lainnya seperti bidang operasi, potensi maritim, dan logistik serta dengan dinas penerangan lainnya, agar diperoleh hasil kinerja yang lebih baik.

Melihat tantangan tugas ke depan yang semakin berat lanjut Zaenal -sapaan akrab Kadispenal ini- jajaran Penerangan TNI AL  harus mampu menjadi ujung tombak TNI Angkatan Laut yang handal dengan meningkatkan kemampuan di bidang teknologi dan informasi.

“Situasi tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh jajaran penerangan sebagai pihak yang memiliki tugas di bidang penerangan dan publikasi untuk menumbuhkan citra positif TNI/TNI Angkatan Laut di tengah masyarakat,” tambahnya.

Tidak hanya itu, guna mewujudkan penerangan TNI AL yang maju, dinamis, humanis dan siap menghadapi tantangan modern, mutlak diperlukan sumber daya manusia yang profesional dan senantiasa siap bekerja keras, berwawasan luas serta dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan lingkungan.

“Diharapkan personel penerangan TNI AL harus bersinergi dan solid dalam mewujudkan publikasi kinerja TNI AL, dan secara pro aktif membangun opini positif melalui berbagai jaring media sosial serta peningkatan sadar media agar tercapai hasil yang optimal,” pungkasnya.    

Dalam Rakernispen TNI AL ini, peserta Raker juga mendapatkan arahan dari Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Laut (Aspam Kasal) Laksamana Muda TNI S. Irawan, S.E, dengan topik “Sinergitas Intelijen dan Penerangan”, kemudian Kepala Dinas Pengamanan TNI Angkatan Laut (Kadispamal) Laksamana Pertama TNI Angkasa Dipua, S.E., M.M., dengan mareri “Peran Penerangan Terhadap Publikasi TNI AL”.

Kemudian paparan materi dari Kepala Laboratorium Pengamanan Sistem dan Jaringan (Kalabpamsisjar) Kolonel Laut (E) H.A. Danang Rimbawa, S.Si., M.T., dengan judul “Sinergitas Siber Media”.