Komandan Lantamal V Buka Latihan Penyiapan Pengamanan Pemilu 2019.

Komandan Lantamal V Buka Latihan Penyiapan Pengamanan Pemilu 2019.

Lantamal V (25/2), —

Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han membuka Latihan Penyiapan Pengamanan Pemilu Lantamal V TA. 2019 di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal V, Senin (25/2).

Hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal V Kolonel Marinir CTO Sinaga, Para Asisten Danlantamal V, Para Kasatker/Kadis Lantamal V, Perwira, Bintara dan Tamtama Lantamal V lainnya.

Kesiapan latihan penyiapan pengamanan Pemilu Lantamal V TA. 2019 ini didasarkan pada Telegram Kasal No 110/Sops/0119, tanggal 25 Januari 2019, surat perintah Komandan Lantamal V Nomor Sprin/29/Lll2019 tanggal 1 Februari 2019 tentang perintah untuk merencanakan dan menyelenggarakan latihan penyiapan pengamanan pemilihan umum Lantamal V Ta. 2019.

Menurut Danlantamal V, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019 merupakan pesta demokrasi rakyat untuk memilih wakil-wakil rakyat serta memilih presiden dan wakil presiden demi kelangsungan pembangunan nasional.

Tidak dapat pungkiri, dalam pesta demokrasi akan terjadi persaingan, perdebatan bahkan perselisihan diantara anak bangsa akibat berbeda pilihan, oleh sebab itu dibutuhkan kedewasaan dan upaya mengamankan untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan umum secara terencana.

Pangkalan Utama TNI AL V dan jajarannya lanjutnya, dituntut mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah, serta senantiasa memiliki kesiapan, kecepatan bergerak serta profesionalisme prajurit yang handal untuk mampu setiap saat melaksanakan tugas perbantuan tersebut secara berhasil dan berdaya guna.

Pada pelaksanaan latihan ini, prajurit Lantamal V akan menerima materi latihan sebagai bekal, diantaranya prosedur dan mekanisme pemberian bantuan kepada pemda dan Polri, prosedur pengerahan pasukan untuk melaksanakan pengamanan pemilu dengan tepat baik personel material, pengetahuan hukum HAM dan humaniter.

Selain itu akna diberikan juga pemahaman netralitas TNI dalam pemilu dan prosedur pengamanan logistik dan pemilu antar pulau.

“Saya perintahkan kepada seluruh prajurit Lantamal V yang terlibat dalam pelatihan pengaman pemilu legislatif dan presiden TA 2019, laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab,” tegasnya.

Pada latihan pengamanan pemilu kali ini, Lantamal V menerjunkan 567 personel yang terbagi kedalam dua kelompok beaar, 100 orang sebagaiĀ  penyelenggara, pendukung dan pelatih, serta 467 orang pelaku.

Dalam latihan ini didukung Sops Lantamal V, Diskes Lantamal V, Dispen Lantamal V, Disprov Lantamal V, Diskomlek Lantamal V, penilai Kolat Koarmada II dengan waktu latihan 25 Februari s.d 5 Maret 2019.