Bina Generasi Muda, Lanal Denpasar Berikan Pelatihan Pramuka Saka Bahari

Bina Generasi Muda, Lanal Denpasar Berikan Pelatihan Pramuka Saka Bahari

Lantamal V (25/2), —

Untuk mendidik dan membina generasi muda bangsa, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, Lantamal V menerima anggota baru dan memberikan pelatihan Pramuka Satuan Karya Bahari kepada anggota Penegak dan Pandega khususnya generasi muda yang terampil dan handal dalam bidang Kebahariaan, Senin (25/2).

Pelatihan Pramuka Saka Bahari Angkatan ke XVI tahun 2019 yang diikuti perwakilan sekolah sekolah di Kota Denpasar dan sekitarnya tersebut, dibuka Palaksa Lanal Denpasar, Letkol Laut Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmad mewakili Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko di Gedung Serbaguna IGP. Dwinda Mako Lanal Denpasar Jl. Raya Sesetan 331 Denpasar, Bali.

Menurut Danlanal dalam amanatbya yang dibacakan Palaksa mengatakan bahwa kegiatan ini digelar berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 019 Tahun 2009 tentang petunjuk penyelenggaraan gerakan Pramuka Satuan Karya bahari, Juklak Kasal No. Juklak 22/VI/1987 tentang Pembinaan Gerakan Pramuka Satuan karya Bahari.

Menurutnya, kegiatan Saka Bahari Merupakan kegiatan yang positif dalam rangka meningkatkan kualitas Pramuka Penegak khususnya di wilayah kerja Potensi Maritim Lanal Denpasar.

Kegiatan seperti ini akan berdampak luas terhadap keberadaan Pramuka Penegak, seperti meningkatkan ketakwaan dan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kepercayaan diri disamping meningkatkan keterampilan, kedisiplinan serta dapat menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang berdasarkan Pancasila.

“Latihan ini dapat menumbuhkan rasa cinta kebaharian dan cinta tanah air, sehingga membawa manfaat serta berguna bagi para peserta,” terangnya.

Hadir pada acara dalam acara pembukaan tersebut seluruh Perwira Staf Mako Lanal Denpasar, Anggota Potmar serta para Pembina Pramuka Saka Bahari Lanal Denpasar. Kegiatan pelatihan akan berlangsung selama dua hari kedepan.