Peringati HPSN Tahun 2019, Danlantamal VI Apresiasi Personelnya Atas Kepeduliannya Terhadap Sampah

Makassar, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 di pantai Jalaria Makassar ,Kamis (21/02/2019)

Pada peringatan HPSN Tahun 2019 yang bertemakan “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai” ini , Lantamal VI Makassar bersama masyarakat mengadakan bersih-bersih lingkungan di sepanjang pesisir pantai dan Laut Jalaria .

Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H,M.Tr (Han) dalam amanatnya yang disampaikan Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas sangat mengapresiasi personelnya atas kepeduliannya terhadap sampah.

“Lantamal VI Makassar sepanjang tahun 2018 telah mengambil langkah – langkah yang inovatif tentang penanggulangan sampah. Selain pembersihan rutin yang dilakukan di lingkungannya, Lantamal VI juga mengajak masyarakat untuk membiasakan diri melawan sampah seperti pada beberapa kegiatan di tahun 2018 pada acara seminar maritim HUT ke-68 Lantamal VI yang salah satu topiknya utamanya membicarakan masalah kebersihan laut”, ujar Danlantamal VI dalam amanatnya yang dibacakan Wadan.

Lebih lanjut dikatakan, selain itu Lantamal VI Makassar juga mengajak kepada pemerintah dan masyarakat untuk bersama – sama membebaskan kanal dari sampah sehingga kanal yang dulunya penuh dengan sampah berubah menjadi tempat lomba renang kanal,perahu naga dan tarik tambang perahu karet yang dikuti oleh masyarakat yang tinggal disekitar kanal, pemerintah ,TNI dan Polri.

Selain itu, Lantamal VI sepanjang tahun 2018 telah mengkampanyekan programnya yaitu“ Stop Kotori Laut”. Dalam hal penegakan hukum, Lantamal VI juga telah membantu pemerintah dengan melaksanakan operasi tangkap tangan pembuang sampah sembarangan di Laut dan di kanal yang berujung sampai ke persidangan, ujar Wadan membacakan Amanat Danlantamal VI.

Pelaksanaan peringatan HPSN 2019 di Lantamal VI dipusatkan di sepanjang pantai dan laut Jalaria serta dilingkungan komplek Mako Lantamal VI, ratusan personel Lantamal VI , ibu – ibu Korcab VI DJA II serta masyarakat ikut andil dalam bersih – bersih pantai peringatan hari peduli sampah nasional ini.

Turut hadir dalam aksi bersih-bersih pantai tersebut, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas , para Asisten Danlantamal VI, Para Kadis dan Kasatker Lantamal VI, ibu-ibu Korcab VI DJA II, serta sejumlah masyarakat sekitar kota Makassar.