TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, KOLAT KOARMADA II MEMBUKA KEMBALI KELAS PENYIAPAN UJI TERAMPIL KAPAL

KOARMADA II – Surabaya 20 Februari 2019,

Dalam melaksanakan pelayanan terbaik untuk KRI, kelas penyiapan uji terampil kapal kembali dibuka oleh Kolat Koarmada II pada tanggal 11-19 Februari 2019. Terdapat delapan KRI yang mengambil bagian yaitu: KRI Oswald Siahaan-354, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355, KRI Frans Kaisepo-368, KRI Lambung Mangkurat-374, KRI Teluk Cendrawasih-533, KRI Tatihu-853 ,KRI Madidihang-855, dan KRI Soputan-923 serta KRI Terbaru TNI AL yang diperuntukan u/ Koarmada I yang saat ini masih berada di PT PAL Surabaya yaitu KRI SMR-594. Selasa (19/02/2019).

Bertempat di auditorium Puslat Kaprang para instruktur dengan penuh dedikasi memberikan penyegaran dengan materi peran-peran yang dilaksanakan dalam uji terampil kapal. Adapun pelaksanaan materi yaitu peran persiapan kapal berlayar dan bertempur, peran muka belakang, peran parade, peran pemanduan, peran melewati medan ranjau, peran penutupan pintu XYZ, peran sekoci, peran orang jatuh di laut, peran pembekalan di laut, peran LSBA, peran kemudi macet, peran tempur, dan peran peninggalan dengan pengaplikasian detil di kapal yang dibawakan oleh Mayor Laut (P) Abdul Gofur, S.H. beserta tim. Peran kebakaran dan peran kebocoran disampaikan oleh Kapten Laut (T) Pivit beserta tim. Peran pemeriksaan dan penggeledahan diajarkan oleh Kapten Laut (S) Ucok Pramona dan tim. Serta bagi kapal yang memiliki geladak heli pelaksanaan materi peran heli oleh Letnan Laut (S) Murdianto beserta tim.

Seluruh prajurit mengikuti seluruh kegiatan dengan penuh semangat dibuktikan dengan penuhnya kapasitas kursi di auditorium puslat kaprang tiap harinya, lebih dari 200 personel.

Diharapkan setelah kegiatan ini, para prajurit mampu melaksanakan prosedur peran yang benar sesuai fungsi asasi kapal sehingga kesiapan tempur kapal dapat terjaga dalam pelaksanaan operasi mendatang.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.