Ajak Generasi Muda Belanegara, Lanal Yogyakarta Promosi Penerimaan Prajurit TNI AL pada Siswa SMA

Ajak Generasi Muda Belanegara,  Lanal Yogyakarta Promosi Penerimaan Prajurit TNI AL  pada Siswa SMA

Lantamal V (19/2), —

Belanegara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara,  seperti yang dilakukan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Jogyakarta,  Lantamal V yang melakukan sosialisasi dan promosi penerimaan  prajurit TNI AL kepada siswa SMAN 1 Wates,  Kulonprogo,  Jawa Tengah,  Selasa (19/2).

Tim Lanal Yogyakarta yang berjumlah 20 Pesonel dipimpin Palaksa Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Haryo Wiji Pratomo, S.H,. M. Mar.Stud. berkunjung ke SMAN 1 Wates, Kulonprogo dan diterima hangat Kepala Sekolah beserta jajarannya.

Turut hadir dalam acara tersebut Pasintel Mayor Laut (P) Jito Purwadi, Kabagminlog Kapten Laut (T) Dwi Badi Juga Sapto serta Dansatma  Kapten Laut (E) Totok Musyanto dan staf guru pengajar di SMAN 1 Wates,  Kulunprogo.

Haryo -sapaan akrab Palaksa Lanal Yogyakarta ini- memberikan gambaran tentang tugas dan tanggung jawab TNI AL kepada para siswa. Menururnya,  TNI AL setiap tahunnya memberikan kesempatan kepada para Pemuda dan Pemudi  bangsa,  termasuk yang berada di Wilayah D.I Yogyakarta untuk berkarir  di TNI AL.

Penerimaan secara periodik baik penerimaan Taruna Akademi Angkatan Laut,  Perwira Karier TNI dari jalur sarjana,  penerimaan bintara pria dan wanita dan penerimaan untuk strata Tamtama.

“informasi saat ini sangat terbuka dan bisa diakses siaapun, kapanpun.  Ade ade tinggal membuka web.tnial.mil.id bisa dilihat persyaratan,  waktu dan jadwal penerimaan prajurit TNI AL, atau bisa langsung datang ke Lanal Jogyakarta untuk mencari informasi,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diperagakan berbagai seragam yang dikenakan prajurir TNI AL seperti Pakaian Dinas Upacara 1 s/d 4, Pakai Dinas Harian, Pakaian Dinas Lapangan, Pasukan Marinir dan Kopaska serta jenis pakaian Kowal TNI AL.

Pada kesempatan tersebut juga di putarkan Film tentang  profil TNI AL guna memberikan gambaran tentang peran, tugas tanggung jawab TNI AL dalam menjaga  keutuhan dan keamanan wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia yang 2/3 luas wilayahnya adalah laut dengan berbahai ancaman yang berasal  dalam maupun luar Negeri.

Pasintel Mayor Laut (P) Jito Purwadi juga berkesemlatan menyampaikan pengetahuan tentang Bela Negara yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan  rasa nasionalisme,  tanggung jawab serta kesadaran untuk bela negara dengan metode penyampaian interaktif sehingga tidak membosankan.