Komandan Lantamal V Hadiri Pembukaan Latsunaslat TA.2019

Komandan Lantamal V Hadiri Pembukaan Latsunaslat TA.2019

Lantamal V (18/2), —

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V (Danlantamal V), Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han menghadiri Pembukaan Latihan Menyusun Naskah Latihan (Latsunaslat) TA.2019 yang dibuka  Asops Kasal Laksda TNi Didik Setiono,  S. E., M.M di Gedung JOPR, Kodiklatal Surabaya, Senin (18/2).

Latihan yang diikuti 170 peserta ini dihadir Komandan Kodiklatal, Pangkoarmada II, Wadan Kodiklatal, Komandan Kodikopsla, Karumkit RSAL dr. Ramelan, Dirjianbang Kodiklatal,  Dirdiklat Kodiklatal dan undangan lainnya.

Peserta latihan sendiri berasal dari Koarmada I, Koarmada II, Kormar, Pushidrosal, Puspenerbal, Kolinlamil dan Perwakilan UPT Mabesal.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Asops Kasal mengatakan bahwa perencanaan latihan dalam skala besar yaitu Latihan Gabungan TNI bertujuan  meningkatkan pemahaman dan kemampuan personel TNI Angkatan Laut dalam wujudkan  suatu latihan operasi gabungan mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran

Kemudian melatih para peserta latihan untuk menyusun naskah latihan yang meliputi  Buku I, Buku II A dan Buku II 8 yang di gunakan sebagai pedoman bagi penyelenggara Pelaku dan  Komando Latihan.

Penggunaan fasilitas  Jont  Operation Planning Role (JOPR) Kodiklatal lanjutnya,  diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi  peserta untuk  menerapkan aturan main selama pelaksanaan latihan sehingga mencapai tujuan  diharapkan.

Sebagai kelompok perancang latihan dan staf latihan pada kegiatan Latihan Operasi Gabungan TNI, 

kegiatan ini juga memberikan jawaban realistis terhadap tuntutan tugas ke depan yang semakin kompleks serta tolok ukur untuk menilai sejauh mana keberhasilan pembinaan yang dllakukan oleh Kodiklatal.

Kasal berharap,  melalui latihan ini diharapkan kemampuan dan profesionalitas perwira TNI Angkatan Laut akan meningkat, sehingga mampu merencanakan dan menggelar latihan dalam berbagai skala yang akan bermuara pada keberhasilan tugas operasi TNI Angkatan Laut.