POSYANDU CAKALANG ADAKAN BULAN VITAMIN A

Koarmada II. Manado, Jumat (08/02/2019). Setiap Bulan Februari dan Agustus merupakan Bulan Vitamin A. Oleh sebab itu, Korcab VIII DJA II yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lantamal VIII mengadakan Posyandu Cakalang bagi anak-anak dan Balita anggota Lantamal VIII serta masyarakat sekitar yang bertempat di Mess Sangihe Mako Lantamal VIII.

Pada bulan tersebut dilakukan pemberian Vitamin A dosis tinggi untuk bayi dan balita usia 6-59 bulan. Pada Bayi usia 6-11 bulan diberikan Vitamin A kapsul biru (dosis 100.000 IU) dan pada Balita usia 12-59 bulan diberikan Vitamin A kapsul merah (dosis 200.000 IU). Penelitian di berbagai negara menunjukkan bahwa pemberian suplementasi kapsul vitamin A sebanyak 2 kali setahun pada balita merupakan salah satu intervensi kesehatan yang berdaya ungkit tinggi bagi pencegahan kekurangan vitamin A dan kebutaan serta penurunan kejadian kesakitan dan kematian pada balita.

Kegiatan Posyandu diikuti sebanyak 38 anak berasal dari Putra Putri Prajurit Lantamal VIII. Dalam kegiatan tersebut diadakan pemberian Vitamin A dan Campak kepada para Balita. Selain itu, diadakan pemantauan anak melalui Buku Kesehatan Ibu dan Anak untuk mengetahui perkembangan maupun proses pertumbuhannya. Diharapkan kegiatan Posyandu yang sering dilakukan dapat bermanfaat bagi anak anak sehingga dapat bertumbuh secara optimal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Eunike Gig Sipasulta, Wakil Ketua Korcab VIII Ny. Edi Juardi, Pengurus Korcab VIII, Diskes Lantamal VIII dan Kader Posyandu Lantamal VIII.

Demikian berita Dinas Penerangan Lantamal VIII.