Komandan Lantamal V Hadiri Penutupan Latpam Pileg & Pilpres di Wilayah Koarmada II TA. 2019

Komandan Lantamal V Hadiri Penutupan Latpam Pileg & Pilpres di Wilayah Koarmada II TA. 2019

Lantamal V (6/2), —

Komandan Pangkalan Utama TNI AL V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han. menghadiri  Penutupan Latpam Pileg dan Pilpres di Wilayah Koarmada II TA. 2019 di Gedung Auditorium Puslat Kaprang Kolat Koarmada II, Ujung,  Surabaya,  Rabu (6/2).

KS Koarmada II Laksma TNI Ahmadi Hiri Purwono mewakili Panglima  Koarmada II  Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.SI. memimpin jalannya Penutupan Latpam Pileg dan Pilpres di Wilayah Koarmada II TA. 2019.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Danguspurlakoarmada II, Asisten Pangkoarmada II, Wadan Lantamal V, Kasatker Koarmada II, Danramil 0830/03 mewakili Dandim Surabaya Utara, Karo Ops Polda Jatim mewakili Kapolda Jatim, Pasiops Satbrimob Polda Jatim mewakili Dansat Brimob Polda Jatim, dan Seluruh Komandan Unsur yang berada di pangkalan Surabaya.

Menurut Pabgarmada ll dalam amanatnya yang dibacakan Kasarmada ll mengatakan bahwa acara penutupan latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 ini, merupakan simbolisasi formal yang menandai telah selesainya rangkaian pelaksanaan kegiatan latihan selama dua pekan, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan latihan sesuai dengan yang direncanakan.

Latihan pengamanan Pemilu merupakan salah satu upaya Koarmada ll dalam menyiapkan satuannya, guna menghadapi pemilu legislatif dan presiden tahun 2019.

Saat ini masa kampanye telah laksanakan sejak September 2018 dan akan berakhir pada April 2019. kegiatan latihan ini diperlukan, mengingat dinamika suhu perpolitikan pada masa kampanye akan sangat berpengaruh terhadap kondisi stabiutas keamanan kecepatan dan ketepatan di dalam menangani segala permasalahan di lapangan harus berdasarkan standard operation procedure dan sesuai ketentuan yang  berlaku.

Latihan pengamanan Pemilu ini lanjutnya. bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit yang dapat memberikan bekal pengetahuan yang cukup baik teori maupun aplikasinya di lapangan.

“Dari laporan yang saya terima, bahwa selama melaksanakan latihan seluruh prajurit telah melaksanakan kegiatan dengan penuh tanggung jawab dan semangat yang tinggi mengaplikasikan seluruh kemampuannya dalam latihan ini,” terangnya.

Salah satu indikasi yang menandai kesuksesan tersebut lanjutnya,  adalah keberhasilan para pelaku untuk merumuskan suatu rencana dan melaksanakannya tanpa menimbulkan kerugian baik personel maupun material seh|ngga selama latihan sampai dengan saat ini zero accident dapat terwujud.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kesungguhan dan rasa tanggung jawab kepada para peserta, instruktur dan segenap panitia penyelenggara atas terlaksananya latihan ini, selanjutnya adakan analisa dan evaluasi tentang kelebihan dan kekurangan yang terjadi selama latihan,” pungkasnya.