KASKOARMADA II HADIRI RAKOR KAMTIB DI WILAYAH JATIM

KOARMADA II – Surabaya,04 Februari 2019

Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II, Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Panglima Koarmada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si., Rakor Kamtib di wil. Jatim, bertempat di Convention Hall Lt.3, Grand City Convex, Surabaya. Senin (04/02/2019).

Dengan tema “ Jatim Siap Wujudkan Pemilihan Presiden dan wakil Presiden, Pemilihan DPR,DPD dan DPRD tahun 2019 Aman dan Demokratis”. Acara Rapat ini dihadiri 2477 peserta, terdiri dari Unsur TNI-Polri, anggota KPU-Bawaslu, dan Forkopimda Prov. Jawa Timur.

Sesuai dengan Permendagri Nomor 2 Tahun 2018, pasal 24 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah, Kemendagri menginstruksikan kepada daerah untuk membentuk Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Untuk itu Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo mengatakan “Kewaspadaan dini di daerah adalah serangkaian upaya/tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini,”. Faktor potensi kerawanan pemilu terdiri dari tiga aspek, yaitu Pemilih, Logistik, dan Media, pada Peta kerawanan pemilu 2019 Provinsi Jawa Timur adalah sejarah ancaman teroris, sejarah PSU, isu SARA, ancaman hoax, dan jumlah pemilih besar.

Berharap melalui acara ini agar seluruh unsur elemen masyarakat dapat ikut terlibat dalam menyukseskan Pemilu yang Luber, Jurdil, Aman, Damai, Demokratis, dan Bermartabat.

Selain itu juga Rakor Kamtib di wil. Jatim juga di hadiri Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum., Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, Kapolda Jatim Irjen Pol DRS. Luki Hermawan, Brigjen TNI (Mar) Lukman Hasyim, S.T., M.Si (Han)., perwakilan dari Bawaslu, para Kapolres, para Bupati, Camat dan Muspida Jatim.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.