KAL PSH I-8-31 BANTU EVAKUASI WARGA DI PULAU SIAU

Koarmada II. Manado, Selasa (05/02/2019). Sehubungan dengan aktifitas Gunung Karangetang di Pulau Siau, Danlantamal VIII Laksma TNI Gig JM Sipasulta, M.Mar., Stud. Memerintahkan Danlanal Tahuna Letkol Laut (P) Donny Aribowo untuk menurunkan KAL PSH I-8-31 dan 1 Sea Raider beserta pengawaknya pada tanggal 5 Februari 2019 pukul 02.00 Wita, dalam rangka perbantuan kepada Basarnas dan BPBD Kab. Kepulauan Sitaro.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu evakuasi warga, karena akses jalan menuju Kampung Batubulan sudah tidak bisa dilewati karena lava telah mendekati jalan raya. Awalnnya pukul 13.00 WITA Tim Posal siau telah melaksanakan Pergeseran Tim Medis dan Evakuasi Warga Batubulan ketempat yang aman.

Adapun daftar yang onboard sebagai berikut, Pak suwengli (Tim Medis), Pak Steven (Tim Medis), Serda fransisko (anggota koramil Ulu), Brigadir I.Tupalesi (anggota Polsek Siau Barat), dan Selma abram (warga Batubulan yang akan mengevakuasi keluarganya). Setelah tiba di lokasi selanjutnya tim bergerak cepat untuk mengevakuasi warga. Adapun Warga yang dievakuasi ke Pehe. Di karenakan kondisi angin dan Ombak yang kencang sehingga perahu karet hanya bisa mengapung, dikarenakan kondisi tidak memungkinkan untuk sandar di Dermaga tradisional di Batubulan.

Demikian berita Dinas Penerangan Lantamal VIII.