Layaknya Nyata, Simulasi Pam Pemilu Aspek Laut Tahun 2019 di Lantamal VI Berlangsung Seru.

Makassar, 500 Personel Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar mengikuti simulasi Pengamanan (Pam) Pemilihan Umum (Pemilu) Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) aspek laut Tahun 2019 yang dilaksanakan di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar, Senin (04/02/2019)

Layaknya kejadian nyata, simulasi Pam Pemilu aspek laut 2019 di Lantamal VI Makassar berlangsung seru, terdengar sirene kapal perang meraung-raung kencang saat simulasi yang melibatkan empat Kapal Angkatan Laut (KAL) dan dua Sea Rider Lantamal VI mengawal kapal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar membawa logistik pemilu lewat jalur laut.

Selain itu, juga terdengar suara tembakan saat demontrasi pengamanan kapal KPU yang membawa kotak suara saat menuju pelabuhan Nusantara Paotere dari hadangan kapal-kapal nelayan pendukung salah satu paslon.

Sementara itu di pelabuhan, Pasukan Anti Huru-Hara (PHH) Lantamal VI yang siaga melepaskan tembakan peringatan dan tembakan gas air mata saat berhadapan dengan sekelompok massa berunjuk rasa.

Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H,M.Tr (Han) mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa tugas pokok TNI meliputi penegakan kedaulatan negara dan pertahanan keutuhan wilayah NKRI serta perlindungan bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari berbagai ancaman dan gangguan.

Lebih lanjut dikatakan tugas pokok ini dilakukan dengan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang. membantu tugas pemerintahan di daerah dan Polri dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat adalah bagian dari operasi militer selain perang.

“Simulasi hari ini adalah bagian dari kesiapan Lantamal VI dalam operasi militer selain perang yang dikhususkan pada kesiapan Lantamal VI dalam pengamanan pemilu Legislatif dan Presiden bulan April mendatang” ujar Jenderal bintang satu ini.