LANTAMAL VII GELAR LATIHAN PENGAMANAN PEMILU 2019 SECARA SERENTAK DI BAWAH KOMANDO ARMADA II DI SURABAYA

Kupang – NTT, Menjelang Pemilu Tahun 2019, Lantamal VII Kupang menggelar Simulasi Latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden di wilayah Lantamal VII yang secara serentak dilaksanakan di wilayah kerja Koarmada II. Hari Senin, 04 Februari 2019.

            Latihan tersebut di pimpin secara langsung oleh Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si. di Mako Koarmada II, melalui siaran langsung video conference ( Vicon ) kepada seluruh Lantamal jajaran Koarmada II. Dalam Vicon kepada seluruh jajarannya Panglima Koarmada II menanyakan Laporan Kesiapan latihan Pengamanan, Jumlah personel dan Unsur yang dilibatkan, dalam Vicon tersebut panglima Koarmada II juga menyampaikan ” Laksanakan latihan pengamanan dengan baik serta perhatikan keamanan personil dan material selama latihan ” Lanjut Panglima Koarmada II.

            Pelaksanaan latihan di lantamal VII di Pimpin oleh Wadanlantamal VII Kolonel Laut ( P ) M. Nazif mewakili Danlantamal VII, menyampaikan kepada ” Latihan ini di laksanakan serentak oleh Koarmada II, tujuannya agar Panglima Koarmada II secara langsung meyaksikan kesiapan Lantamal di bawah jajarannya termasuk lantamal VII, Lantamal VII siap mendukung pengamanan pemilu 2019 ” . Pada apel gelar ini pasukan pengamanan terdiri prajurit  dari Lantamal VII, dari Lanal Rote, Lanal Maumere, lanal Mataram sebanyak 500 personel dan peralatan pendukung lainnya.

            Dalam pelaksanaan nanti pada saat pelaksanaan pengamanan lantamal VII akan mengerahkan seluruh kukuatan unsurnya untuk pengamanan perairan di wilayah kerja Lantamal VII antara lain peralatan senjata perorangan , pasukan marinir ,anjing pelacak Polisi militer Lantamal VII,  unsur Kapal perang , sea rider, dan tim medis dari Rumah sakit TNI AL Samuel J Moeda.

            Wadan Lantamal VII juga menghimbau kepada masyarakat ” kami menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti rangkaian pemilu ini dengan aman, tertib dan damai agar pemilu berjalan dengan lancar, sampaikan aspirasi sesuai jalur yang benar” lanjutnya.

            Latihan pengamanan pemilu di Lantamal VII di simulasikan secara riil kemungkinan di lapangan dengan adanya pengerahan massa berunjuk rasa, orasi pendemo, provokator dan adanya korban pengunjuk rasa. Dalam sela – sela latihan Asisten Operasi Danlantamal VII Kolonel laut ( P ) Heru Wahyono mengatakan ” Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan prajurit Lantamal VII untuk pengamanan pemilu 2019, kami juga jalin kordinasi dan siap membantu Pemprov NTT dan Polda NTT ” lanjut Asops.  

            Kegiatan tersebut di hadiri oleh  Wadanlantamal VII, para Asisten danlantamal VII, Danlanal Mataram, Danlanal Maumere, Danlanal Rote, Danlanudal kupang, Danyon Marhanlan, Danpomal Lantamal VII, para Kasatkel Lantamal VII, serta perwira  Lantamal VII.

DISPEN LANTAMAL VII