Danlantamal VI Makassar Buka Apel Gelar Kelengkapan Pam Pileg dan Pilpers Tahun 2019 Aspek Laut

Makassar, Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H,M.Tr (Han) membuka apel gelar Pengamanan (Pam) Pemilihan Umum (Pemilu) Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 aspek laut di Dermaga Layang Mako Lantamal VI. Senin (04/01/2019).

Sebagai Komandan Upacara (Danup) apel gelar Pengamanan Pileg dan Pilpers Tahun 2019 aspek laut tersebut Komandan SatuanTugas Laut (Dansatgaslat) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Bayu Trikuncoro.

Dalam sambutannya, Danlantamal VI Makassar mengatakan gelar kelengkapan ini pada hakekatnya merupakan suatu tahapan untuk melihat sejauh mana kemampuan prajurit, pengawakan sistem dan metode yang ada serta uji kelaikan Alutsista dihadapkan pada perkembangan lingkungan yang ada berupa perkiraan gangguan dan ancaman yang mungkin terjadi menjelang, saat pelaksanaan dan paska Pemilu tahun 2019.

Tugas pokok TNI dan kesiapan Lantamal VI ini dalam rangka pengamanan Pemilu diharapkan dapat diketahui oleh seluruh instansi terkait sehingga antisipasi dan koordinasi dalam penanganan gangguan keamanan dapat berjalan dengan baik, ujar Danlantamal VI

Usai apel gelar kelengkapan pengamanan Pileg dan Pilpers Tahun 2019 aspek laut , acara dilanjutkan dengan demontrasi empat Kapal Angkatan Laut (KAL) dan dua Sea Rider Lantamal VI mengawal dan pengamanan kapal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar membawa logistik pemilu lewat jalur laut.

Dan dilanjutkan demontrasi tindakan pengamanan kapal KPU yang membawa kotak suara menuju pelabuhan Nusantara Paotere yang mendapat hadangan di laut oleh kapal-kapal nelayan oleh pendukung salah satu paslon dan demontrasi Pasukan Anti Huru-Hara (PHH) Lantamal VI dan K9 Pomal membubarkan unjuk rasa.

Turut hadir dalam apel kelengkapan Pam Pemilu aspek laut tersebut, Pangdam XIV/Hasanuddin, Ketua KPU Provinsi.Sulsel, Ketua Bawaslu Provinsi.Sulsel, Walikota Makassar, Wadan Lantamal VI, Para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Kapolres Pelabuhan Polda Sulsel, Kasatpol PP Kota Makassar dan Wadan Satgaslat Lantamal VI Pam Pemilu Pileg dan Pilpres 2019