PABANREN SPERS KOARMADA II LAPORAN KEGIATAN SOSIALISASI MEKANISME DAERAH TA. 2019

KOARMADA II – Surabaya, 01 Februari 2019

Pabanren Spers Koarmada II Letkol Laut (KH) Drs. I.M. Gunarta laporan kegiatan sosialisasi mekanisme daerah tahun 2019, bertempat di Rupat Spers Koarmada II. Rabu (23/02/2019).

Masih dalam semangat reformasi birokrasi sesuai arahan yang dicanangkan Bapak Kasal kepada segenap personel TNI AL di jajaran masing-masing. Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan terutama menyangkut Lembaga, ketatalaksanaan dan sumber daya manusia. Termasuk diantaranya sumber daya manusia yang menyelenggarakan Anggaran di tiap-tiap kementerian/lembaga. Untuk menciptakan birokrasi di lingkungan TNI AL yang baik dan profesional dengan karakteristik berintegrasi, berkinerja tinggi, bersih, berdedikasi, dan memegang teguh nilai- nilai dasar kode etik aparatur negara khususnya personel militer dan PNS Koarmada II, Spers Koarmada II selaku wasgiat melaksanakan sosialisasi pengelolaan anggaran DIPA Satker Daerah Mako Koarmada II TA 2019.

Adapun sasaran sosialisasi diarahkan pada pemahaman mekanisme pelaksanaan anggaran pada personel militer maupun PNS yang mengelola program anggaran sampai pada tingkat Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) di tiap-tiap satker dibawah kewasgiatan Spers Koarmada II, sebelumnya BPP pada saat Anggaran masih dikelola secara terpusat di Mabesal lebih dikenal dengan istilah Pemegang UUDP (Uang Untuk Dipertanggungjawabkan).

Pabanren Sperskoarmada II, Letkol Laut (KH) Drs. I.Made Gunarta, yang mewakili Asisten Personalia Koarmada II dalam paparan sosialisasinya menerangkan bahwa pada TA. 2019 ini anggaran DIPA Daerah masih bersifat Top Down dengan mekanisme pengelolaan APBN serta diterbitkannya DIPA petikan Satker Daerah Mako Koarmada II TA 2019 berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor SP DIPA-012.23.2.344663/2019 tanggal 05 Desember 2018 tentang Surat Pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Petikan Tahun Anggaran 2019.

Banyak hal penting yang disampaikan dengan mekanisme pengelolaan anggaran pada DIPA Satker daerah ini, diantaranya: peran KPA pada Kotama dan P Satker, jenis Mata Anggaran yang diperuntukkan Koarmada II dan jajaran dibawahnya, serta realisasi anggaran berkaitan dengan DIPA Satker Daerah. Dalam paparan sosialisi tersebut, disinggung juga yang berkaitan dengan aggaran Jaldis baik Jaldis Mutasi, Jaldis Rutin maupun Jaldis Limas serta anggaran Perawatan Jenazah.

Sebelum acara sosialisasi ditutup, diadakan sesi tanya jawab. Para peserta sosialisasi terlihat sangat antusias dan semangat, sehingga acara sosialisasi melebihi batas waktu yang ditetapkan. Dengan sosialisasi ini diharapkan para pelaksana kegiatan dapat memahami mekanimse pengelolaan anggaran dengan berpedoman pada Indikator Kinerja Utama (IKU), Indikator Kinerja Kegiatan (IKK), Output, Outcome serta target yang telah ditetapkan sehingga tercapai tingkat akuntabilitas kinerja yang baik.

Demikian laporan kegiatan soialisasi mekanisme pengelolaan anggran DIPA Satker Daerah kepada Satker dibawah kewasgiatan Spers Koarmada II, semoga dapat menjadikan kebijakan bagi pimpinan kedepan.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A.